Minggu, 12 Jul 2020
radarkediri
Home > Politik
icon featured
Politik

Harus Ada Peranan Desa

21 Maret 2018, 14: 49: 47 WIB | editor : Adi Nugroho

anugerah desa - radar kediri

SEMANGAT: Suasana sosialisasi Anugerah Desa. (BAGUS CHOCO - JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

KEDIRI KABUPATEN - Sesuai namanya, penilaian anugerah desa selalu ditekankan pada peranan desa. Bukan karena peranan peroranga atau kelompok. Inilah yang menjadi salah satu poin penting dalam penilaian anugerah desa.

Penekanan inilah yang disampaikan Kabid Sosial Budaya, Sumber Daya Alam (SDA), dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) KabupatenKediri Heru Setiawan saat sosialisasi Anugerah Desa 2018 di kantor Jawa Pos Radar Kediri kemarin. “Seperti pada salah satu kategori, ternyata desa hanya menonjolkan peranan perorangan dari si pemilik usaha,” terang Heru.

Hal sama juga disampaikan oleh Dian, salah satu tim penilai dari Jawa Pos Radar Kediri, peranan desa bisa terlihat dari turun tangannya desa untuk mengangkat potensi yang dimiliki warganya. Mulai dana, pelatihan atau bentuk dukungan lainnya. “Selain peranan desa, yang menjadi patokan apakah program itu benar-benar inovatif, berkesinambungan dan yang pasti memberikan dampak positif ke masyarakat,” bebernya.

Untuk diketahui, sosialisasi yang digelar kemarin digelar kali pertama. Dimulai pukul 09.00, peserta berasal dari eks-korcam Kediri. Selain untuk mendapatkan materi sosialisasi, para peserta yang sebagian besar adalah kepala desa ini juga untuk mengetahui tentang lomba yang sudah digelar kali ketiga ini.

Hari ini, rencananya akan digelar sosialisasi untuk eks-koordinator Kecamatan Papar. Yang rencananya akan digelar di Desa Puhjarak, Kecamatan Plemahan, mulai pukul 08.00. Mengingat pentingnya acara ini, sebaiknya kepala desa tidak melewatkan kesempatan untuk bertanya tentang program yang ingin dipilih untuk diajukan dalam lomba desa. “Sosialisasi ini juga jadi kesempatan untuk mengetahui kategori-kategori lomba yang mana yang lebih pas untuk para kepala desa,” pungkasnya.

(rk/*/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia