Kamis, 27 Jun 2019
radarkediri
icon-featured
Features

Ketika Pasaraya Sri Ratu Tak Mampu Bertahan Lagi

Pasar Lesu, Department Store Angkat Kaki

01 Februari 2018, 18: 53: 57 WIB | editor : Adi Nugroho

sri ratu - radar kediri

SEPI PEMBELI: Pasaraya Sri Ratu tak lagi bisa bertahan di Kediri Mall. (M ARIF HANAFI - JawaPos.com/RadarKediri)

Share this          

Pasaraya Sri Ratu pernah jadi ikon pusat perbelanjaan modern bagi Kediri. Mal pertama dengan fasilitas kekinian. Namun, setelah 17 tahun mereka pun ‘menyerah’. Mal yang berkantor pusat di Semarang ini pun menutup gerainya.

Bisa jadi, warga Kediri dan sekitarnya akan merindukan Sri Ratu. Setelah 17 tahun melayani, nama pusat perbelanjaan ini tentu sudah melekat di hati warga Kediri. Bahkan, mungkin juga,  bagi warga di daerah-daerah sekitarnya. Ketika mal pertama di Kota Kediri itu harus angkat kaki, tentu ada rasa yang hilang bagi warga kota.

Ya, Pasaraya Sri Ratu bakal tinggal kenangan. Manajemen Sri Ratu memutuskan untuk menutup department store-nya. Satu-satunya gerai mereka yang selama ini masih mencoba bertahan.

Pantauan Jawa Pos Radar Kediri kemarin, department store yang terletak di lantai 3 Kediri Mall tersebut sudah terlihat sepi. Beberapa karyawan mulai mengemasi barang-barang dan produk fashion yang ada. Sebagian yang lain sibuk melayani pembeli yang memborong produk-produk yang sudah didiskon hingga 70 persen.

Tidak ada lagi baju, sepatu, tas, atau perhiasan yang tertata rapi di etalase. Yang ada hanyalah tumpukan manekin serta kardus berisi produk-produk fashion.

“Ini hanya tinggal beberapa saja yang dijual,” kata Lina, 27, salah satu karyawati saat ditemui wartawan koran ini kemarin.

Menurut Lina, sebagian barang-barang sudah dirapikan. Sudah di-packing sejak beberapa hari lalu. Barang-barang tersebut juga sudah mulai didiskon. Rencananya, penjualan produk-produk fashion itu masih akan berlangsung hingga akhir pekan ini.

Tutupnya department store Sri Ratu ini memang cukup mengejutkan masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya. Pusat perbelanjaan yang hadir pertama kali dengan nama Pasaraya Sri Ratu ini merupakan mal pertama di Kota Kediri. Mereka hadir pada 2000. Peresmian Sri Ratu saat itu dilakukan oleh Achmad Maschut, wali Kota Kediri saat itu.

Saat itu, Pasaraya Sri Ratu hadir dengan konsep pusat perbelanjaan modern. Meliputi supermarket dan department store yang terintegrasi dalam satu bangunan. Tak hanya itu, Sri Ratu juga menawarkan pusat perbelanjaan dengan konsep keluarga. Mereka menyediakan arena bermain untuk anak-anak.

Catatan koran ini, tanda-tanda ‘meredupnya’ Sri Ratu ini sebenarnya sudah mulai terlihat sejak 2015 lalu. Saat itu supermarket Sri Ratu yang harus gulung tikar. Setelah itu, masuk pula tenan baru. Yaitu Carefour Transmart yang tetap bertahan sampai saat ini.

Soal penutupan, manajemen Sri Ratu membenarkan tutupnya department store yang ada di lantai 3 tersebut. Keputusan untuk menutup salah satu unit usaha Pasaraya Sri Ratu itu datang dari manajemen pusat.

“Memang benar bahwa department store Sri Ratu saat ini tutup,” ujar Manager Department Store Sri Ratu Hengky Indra Prasetya saat dikonfirmasi Jawa Pos Radar Kediri kemarin.

Saat ditanya mengenai alasan penutupan department store Sri Ratu, Hengky tidak menyebutkan secara rinci. Hanya, dia mengatakan bahwa kondisi bisnis retail memang sedang lesu. Tidak hanya di tingkat lokal, melainkan juga di tingkat nasional. “Bahkan beberapa gerai ritel internasional juga mengalami hal yang sama,” sambungnya.

Menurut Hengky, saat ini pihaknya sedang dalam proses penutupan gerai fashion yang ada. Sebenarnya, terhitung sejak 31 Januari ini sudah harus tutup. Namun karena masih ada stok barang, pihak manajemen memutuskan untuk tetap melakukan penjualan dengan cara memberikan diskon besar.

Hengky mengatakan, yang perlu dipahami oleh masyarakat adalah bahwa yang tutup adalah department store, bukan gedung Sri Ratu secara keseluruhan. Karena manajemen antara Sri Ratu dan Kediri Mall memiliki perbedaan. “Gerai-gerai lain yang ada di Kediri Mall masih akan tetap buka,” sambungnya.

Hengky juga sangat berterima kasih kepada masyarakat Kota Kediri dan sekitarnya yang selama 17 tahun belakangan setia berkunjung ke Sri Ratu. Bahkan, nama Sri Ratu juga sudah sangat melekat dengan pusat perbelanjaan di Kota Kediri.

(rk/*/die/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia