Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Features
DESA DAMARWULAN, KECAMATAN KEPUNG

Layani Pesan Antar Sembako

Pemerintah Desa Buka BUMDesa DesaMart

23 Januari 2018, 17: 10: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

PELUANG USAHA: Pengurus desa berada di depan toko DesaMart yang siap melayani warganya.

PELUANG USAHA: Pengurus desa berada di depan toko DesaMart yang siap melayani warganya. (M. FIKRI ZULFIKAR - RadaKediri/JawaPos.com)

Share this          

Untuk menambah pendapatan asli desa (PADes), Pemerintah Desa (Pemdes) Damarwulan, Kecamatan Kepung konsentrasi mengembangkan badan usaha milik desa (BUMDes) berupa ruko milik desa.

Ruko tersebut dibangun di jalan protokol Pare-Kandangan. Kepala Desa (Kades) Damarwulan Suripto menerangkan bahwa BUMDes Damarwulan diresmikan sekitar Juni 2017 lalu.

Berbagai terobosan pun dilakukan untuk mengembangkan BUMDes ini. Salah satunya adalah mengembangkan desamart yang merupakan toko di balai desa yang menyediakan kebutuhan-kebutuhan pokok untuk warganya. “Kita juga menerima delivery order. Jadi warga tinggal pesan via telpon. Barang yang dipesan datang ke rumah warga,” terang kades yang dilantik Maret 2017 lalu.

Tidak hanya Desa Mart, Desa Damarwulan pun juga telah membangun ruko-ruko di depan lapangan. Selain tempatnya strategis yaitu di tepi Jalan Raya Pare-Kandangan, ruko yang mulai banyak yang mengisi itupun keuntungannya langsung masuk ke PADes.

Selain itu, ruko-ruko juga mampu membuka peluang usaha warga. Dengan ada yang berjualan makanan hingga membuka bengkel di tempat itu. “Terus kita kembangkan ruko-ruko ini,” jelas Suripto.

Suripto juga menerangkan pengembangan BUMDes desanya. Ke depannya opsi usaha akan semakin banyak dikelola BUMDes. Seperti unit kecil mikro menengah (UMKM), warganya pun akan dikoordinir badan tersebut.

Selain itu, beberapa wisata kuliner yang dikelola ibu-ibu PKK juga akan dimasukkan. “Ini rencananya akan coba kita buka lagi rafting di Damarwulan yang sempat hancur akibat diterjang banjir lahar dingin. Pengelolaannya juga akan masuk BUMDes,” terang bapak dua anak.

Dia menambahkan pihaknya kini juga masih berkoordinasi dengan pendamping program keluarga harapan (PKH).

Sebagai penyedia layanan E-warung yang akan diterapkan juga di DesaMart, maka para pemegang kartu keluarga sejahtera (KKS) bisa mencairkan bantuan dari dinas sosial sepeti bantuan sembako di toko milik BUMDes tersebut. “Ini masih kita kordinasikan juga terkait juklak (petunjuk pelaksana) maupun juknis (petunjuk teknis),” tegasnya.

(rk/fiz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia