Sabtu, 22 Feb 2020
radarkediri
icon featured
Politik
Pilbup Nganjuk 2018

Hanura Resmi Usung Suryo Alam

Suryo Alam Belum Tentukan Bacawabup

03 November 2017, 15: 04: 02 WIB | editor : Adi Nugroho

Hanura Resmi Usung Suryo Alam

Share this          

NGANJUK - Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) resmi mengusung Suryo Alam sebagai bakal calon bupati (bacabup). Meski demikian, hingga akhir Oktober ini anggota DPR RI itu masih belum menentukan pasangan bakal calon wakil bupati (bacawabup).

Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Nganjuk Raditya Haria Yuangga mengatakan, partainya resmi mengusung Suryo Alam. Saat ini, pihaknya tinggal mencari pasangannya. “99 persen menjadi bacabup. Yang satu persen adalah pasangan bacawabupnya,” kata pria yang akrab disapa Angga ini.

Angga mengungkapkan, pasangan Suryo Alam akan dibahas bersama partai mitra koalisi lainnya. Sejauh ini, lanjut Angga, Hanura sudah menjalin komunikasi dengan beberapa parpol. “Ada dua parpol yang paling dekat,” lanjut pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Nganjuk ini.

Sayang, ketika ditanya identitas partai yang akan digandeng untuk koalisi, Angga belum mau membeberkan. Dia hanya menyebut, sejauh ini komunikasi dengan dua partai itu masih terus dilakukan. “Belum bisa kami sampaikan karena terkait dengan partai lain,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Partai Hanura hanya memiliki 3 kursi di legislatif. Makanya, mereka masih membutuhkan minimal 6 kursi untuk bisa mengusung calon sendiri.

Data yang dihimpun koran ini, selain Partai Hanura, Suryo Alam juga mengikuti penjaringan di lima partai lainnya. Yakni Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai NasDem, Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Karena itu, diprediksi gerbong koalisi yang dibangun untuk mengusung Suryo Alam dan bawacabupnya tidak jauh dari enam parpol tersebut. Apalagi, PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) hampir dipastikan akan mengusung pasangan Novi Rahman Hidayat dan Marhaen Djumadi. Adapun Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) cenderung merapat ke Partai Gerindra.

Ketua DPC Gerindra Nganjuk Sukarno mengatakan, partainya belum memastikan pasangan calon yang diusung. Bahkan, hingga kemarin berkas penjaringan pasangan bacabup dan bacawabup masih di DPC. “Belum di tangan DPP,” katanya.

Ditanya tentang kemungkinan mengusung Suryo Alam di pilbup tahun depan, Sukarno belum bisa memastikannya. Dia hanya menyebut DPC menunggu rekomendasi dari pusat akhir bulan ini. “Semua punya peluang dapat rekom,” elak Sukarno.

Tak hanya Gerindra yang berpeluang mengusung Suryo Alam. Golkar dan Partai Nasional Demokrat juga berpeluang mengusung Suryo Alam. Sebab, dua partai itu tengah mengevaluasi nama Ita Triwibawati sebagai bacabup. Partai beringin akan membahasnya dalam rapat kerja daerah (rakerda) partai, sedangkan Partai NasDem menunggu instruksi dari DPP. 

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia