Sabtu, 29 Feb 2020
radarkediri
icon-featured
Politik
Pilbub Nganjuk 2018

Empat Kandidat Bacabup Lamar Demokrat

Buka Penjaringan Jalur Terbuka dan Tertutup

22 September 2017, 11: 15: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

CEK KELENGKAPAN: Tim sukses Sutikno (kanan) dan Moh Suryo Alam memeriksa formulir yang diberikan pengurus DPC Demokrat, kemarin sore.

CEK KELENGKAPAN: Tim sukses Sutikno (kanan) dan Moh Suryo Alam memeriksa formulir yang diberikan pengurus DPC Demokrat, kemarin sore. (Anwar Bahar Basalamah - RadarKediri/JawaPos.com)

Share this          

NGANJUK – Setelah lama menunggu petunjuk teknis (juknis) dari DPD Demokrat Jatim, akhirnya DPC Demokrat Nganjuk membuka penjaringan. Pemilik empat kursi DPRD ini langsung diminati kandidat bakal calon bupati (bacabup). Hingga kemarin total ada empat orang yang mendaftar.

          Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Nganjuk Fauzi Irwana mengungkapkan, sebenarnya penjaringan di partainya sudah dibuka sejak Agustus lalu. Namun, DPC harus menunggu juknis yang baru keluar beberapa hari lalu. “Akhirnya secara resmi buka penjaringan (September ini, Red),” kata Fauzi.

          Lebih lanjut Fauzi mengatakan, di Demokrat ada dua mekanisme penjaringan. Yaitu, penjaringan terbuka dan tertutup. Khusus untuk penjaringan terbuka total ada empat bacabup yang mengambil formulir. Mereka adalah Pringgo Digdo Jati (kontraktor), Gundi Sintara (pengacara), Sutikno (ketua dewan pembina DPC Demokrat Nganjuk) dan Moh Suryo Alam (anggota DPR RI).

          Keempat kandidat itu menurut Fauzi baru mengambil formulir. Hingga kemarin belum ada yang mengembalikan formulir. Pringgo dan Gundi mengambil formulir Rabu (20/9) lalu. Sedangkan Suryo Alam dan Sutikno yang diwakili tim suksesnya mengambil formulir kemarin sore.

          Saat koran ini mendatangi kantor DPC Demokrat di Jl Bromo, Kota Nganjuk, kemarin sore, tim sukses dari Moh Suryo Alam dan Sutikno tengah berkomunikasi dengan pengurus DPC Demokrat. Setelah menyatakan mendaftar, keduanya diberi satu set formulir pendaftaran yang harus diisi oleh kandidat bacabup.

          Selama beberapa menit, perwakilan tim sukses itu terlihat meneliti formulir yang diterima. Selanjutnya, mereka meninggalkan kantor DPC Demokrat. 

          Sementara itu, di luar empat nama yang sudah mengambil formulir, menurut Fauzi juga ada kandidat yang berkomunikasi dengan Demokrat dan hendak mendaftar. Salah satunya Novi Rahman Hidayat. “Mas Novi rencananya datang sore ini (kemarin, Red). Masih kami tunggu,” imbuh Fauzi.

          Sampai kapan Demokrat akan membuka pendaftaran? Ditanya demikian, Fauzi menyebut pihaknya belum menentukan waktu penutupan penjaringan. DPC masih akan berkoordinasi dengan DPD Demokrat Jatim. Rencananya, hari ini Fauzi akan mengikuti rapat di Surabaya. 

          Untuk diketahui, selain penjaringan terbuka, Demokrat juga melakukan penjaringan tertutup. Yaitu, partai turun langsung untuk memantau figur potensial dalam pemilihan bupati (pilbup) 2018.

          Dari dua jalur tersebut, nantinya Demokrat akan memberikan rekomendasi kepada satu kandidat. Dengan modal empat kursi di DPRD Nganjuk, partai yang didirikan oleh Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini harus realistis.

          Untuk bisa mengusung kandidat calon bupati (cabup), mereka harus berkoalisi dengan parpol lain. Ditanya tentang wacana koalisi, Fauzi menyebut, partainya sudah berkomunikasi dengan sejumlah parpol. Di antaranya adalah PDI Perjuangan, Partai NasDem, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Gerindra.

          Dari empat parpol itu, Fauzi mengakui komunikasi paling intensif dengan PDIP. Meski demikian, keputusan mitra koalisi merupakan wewenang DPP. “Masih bisa terus berubah,” tandasnya.

(rk/baz/die/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia