Sabtu, 25 Jan 2020
radarkediri
icon-featured
Politik
Pilbub nganjuk 2018

Demokrat Belum Buka Penjaringan

15 September 2017, 16: 40: 25 WIB | editor : Adi Nugroho

Demokrat Belum Buka Penjaringan

Share this          

NGANJUK-Jika sejumlah partai politik (parpol) sudah mulai melakukan penjaringan bakal calon bupati (bacabup) jelang pemilihan bupati (pilbup) Nganjuk, agaknya Partai Demokrat masih adem-ayem. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu mengaku masih menunggu instruksi dari DPD Demokrat Jatim terkait teknis penjaringan.

          Ketua Demokrat Nganjuk M Fauzi Irwana mengatakan, partainya tetap akan membuka penjaringan bacabup. Hanya saja, hingga pertengahan September ini mereka memang belum membuka pendaftaran. “Nanti tetap akan melakukan penjaringan,” kata Fauzi dikonfirmasi tadi malam.

          Lebih lanjut Fauzi mengatakan, DPC masih berkoordinasi dengan DPD Demokrat Jatim terkait teknis penjaringan. Hal tersebut sesuai hasil rapat yang diikutinya pada Selasa (5/9) lalu di Surabaya.

          Sementara itu, meski belum membuka penjaringan calon, Fauzi tak mengelak jika sudah ada beberapa kandidat yang mendekati partai berlambang mercy itu. Menurut Fauzi, hingga saat ini sudah ada tiga kandidat yang melakukan komunikasi intensif dengan demokrat.

          Siapa saja mereka? Ditanya demikian, Fauzi belum mau membuka identitas para calon. Dia baru akan membeberkan setelah para kandidat itu resmi mengikuti penjaringan yang dilakukan oleh Demokrat.

          Tiga kandidat yang mendekati Demokrat, diakui Fauzi saat ini juga tengah mengikuti penjaringan di sejumlah parpol. Karenanya, dia memilih menutup nama mereka sebelum penjaringan resmi Demokrat dibuka.

          Untuk diketahui, Partai Demokrat memiliki empat kursi di DPRD Nganjuk. Dengan jumlah kursi itu, berarti Demokrat harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa mengusung pasangan cabup.

          Ditanya tentang langkah koalisi, Fauzi mengatakan, partainya sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol. Di antaranya dengan PDI Perjuangan dan Partai Nasional Demokrat. “Dengan dua partai itu sudah komunikasi intensif,” tandasnya.

          Lebih jauh Fauzi mengatakan, terkait koalisi DPC memang tidak bisa menentukan. Meseki demikian, menurut Fauzi, DPC bisa mengusulkan ke DPD Demokrat Jatim untuk kemudian diteruskan ke DPP Demokrat. “Keputusan terakhir tetap DPP yang menentukan,” imbuh Fauzi sembari menyebut DPD Demokrat Jatim juga belum mengambil sikap dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jatim.

          Seperti diberitakan, sejumlah parpol tengah memproses penjaringan bacabup. Sejumlah parpol sudah menuntaskan survei elektabilitas dan popularitas bacabup. Mulai PDIP, Golkar, Nasdem dan sejumlah parpol lainnya.

          Bahkan, PKB sudah menegaskan akan mengumumkan rekomendasi partainya pada minggu ini. Adapun beberapa parpol lain baru akan mengumumkan pada Oktober nanti.

(rk/rq/die/JPR)

Alur Cerita Berita

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2020 PT Jawa Pos Group Multimedia