Minggu, 29 May 2022
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Ratusan PNS Segera Memasuki Masa Pensiun

27 Februari 2021, 13: 15: 47 WIB | editor : Adi Nugroho

Ratusan PNS Segera Memasuki Masa Pensiun

PUSAT PEMERINTAHAN: Sejumlah pegawai meninggalkan pendapa Pemkab Nganjuk kemarin sore. (Andhika Attar - radarkediri.id)

Share this      

NGANJUK, JP Radar Nganjuk-Jumlah pegawai di Pemkab Nganjuk akan kembali menyusut. Hal tersebut setelah ratusan PNS dipastikan akan memasuki masa pension tahun ini.

Data yang dihimpun Jawa Pos Radar Nganjuk, jumlah pegawai yang memasuki batas usia pensiun (BUP) tahun ini sebanyak 483 orang. Jumlah tersebut menurun jika dibandingkan pegawai yang masuk BUP pada tahun 2019 sebanyak 511 orang. “Bahkan pada tahun 2020 tercatat ada 609 PNS yang memasuki masa pensiunnya,” ujar Kabid Pengadaan dan Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Nganjuk Agus Heri Widodo.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, pegawai yang dinyatakan pensiun tidak hanya mereka yang memasuki BUP saja. Melainkan ada beberapa alasan lainnya. Seperti halnya pensiun atas kemauan sendiri atau pensiun dini. Ada pula pensiun lantaran meninggal dunia.

Baca juga: Perpanjang PPKM hingga Maret Nanti

Berdasarkan data BKD Nganjuk, pegawai yang meninggal dunia mencapai puluhan orang setiap tahunnya. Pada tahun 2019 ada sebanyak 65 orang. Kemudian, pada tahun 2020 ada sebanyak 58 orang. Sedangkan pada dua bulan di awal tahun ini sudah ada dua PNS yang meninggal dunia.

“Mayoritas pensiun karena memang telah memasuki masa purna,” imbuh pria yang tinggal di Kelurahan Werungotok, Kecamatan Kota tersebut.

Agus menuturkan, mereka yang telah memasuki masa purna tersebut akan mendapatkan surat keputusan penghentian pembayaran (SKPP). Surat itu yang nantinya akan menjadi salah satu dasar untuk mendapatkan pensiun dari PT Taspen.

SKPP sejatinya tidak hanya berlaku bagi mereka yang dinyatakan pension. Melainkan juga bagi pegawai yang dimutasi. SKPP menjadi salah satu syarat untuk menerima gaji di tempat baru.

Surat ini diterbitkan dengan tujuan agar pegawai yang pindah dapat dilanjutkan pembayaran gajinya oleh satuan kerja (satker) di tempat kerja yang baru. “Atau dibayarkan pensiunnya oleh PT Taspen bagi pegawai yang memasuki masa pensiun,” tandas Agus.

Besaran pensiunan yang diterima ditentukan berdasarkan golongan dan masa pengabdiannya. Semakin tinggi golongan kepegawaian dan semakin lama masa pengabdian, pensiunan yang didapat juga semakin banyak.

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia