Selasa, 07 Dec 2021
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Warga Kota Kediri Waspadai Siklon Paddy

Berpotensi Sebabkan Pohon Tumbang dan Banjir

26 November 2021, 09: 54: 56 WIB | editor : Adi Nugroho

Warga Kota Kediri Waspadai Siklon Paddy

CUACA MENDUNG: Pemandangan langit dengan mendung menggelayut di atas Masjid Baiturrahmah, Semampir, Kota Kediri. Warga mewaspadai siklon tropis paddy yang mengakibatkan hujan lebat disertai angin kencang. (Rekian - radar kediri)

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri– Warga Kota Kediri harus lebih waspada di musim hujan. Intensitas yang tinggi disertai angin kencang dan petir berbahaya. Utamanya di wilayah yang banyak pohon besar.

Plt Kepala Stasiun Geofisika BMKG Nganjuk Sumber Harto menjelaskan, hujan lebat disertai angin kencang itu karena terdampak siklon tropis paddy. “Wilayah Kediri ikut terdampak, selain pulau Jawa dan Bali. Siklon paddy ini juga terjadi di Lampung,” katanya.

Baca juga: Waspada Angin Kencang!

Kecepatan angin bersamaan hujan bisa mencapai 40 knot. Kecepatan itu setara 75 kilometer per jam. Harto mengingatkan, warga menjauh dari pepohonan tinggi saat hujan deras disertai angin. Pohon tinggi berpotensi kena petir. “Yang duluan kena (sambar petir, Red) adalah benda-benda yang tinggi, termasuk pohon,” ucapnya.

Hal lain yang membahayakan, lanjut Harto, adalah angin disertai hujan. Di beberapa daerah, sudah banyak pohon tumbang akibat tidak kuat menahan tekanan air dan empasan angin.

Menurut Harto, angin kencang menyebabkan pohon tumbang. Sedangkan intensitas hujan lebat menimbulkan banjir. Di kawasan perkotaan kerap terjadi genangan. “Drainase tidak cukup menampung hujan dengan intensitas lebat,” imbuhnya.

Terkait antisipasi pencegahan bencana, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Indun Munawaroh menyatakan, sudah siaga. Pihaknya sudah berkoordinasi dengan dinas lingkungan hidup, kebersihan dan pertamanan (DLHKP), dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR), serta instansi lain.

“Untuk pohon yang rawan tumbang sudah banyak dipangkas,” ucapnya. Termasuk drainase juga sudah dibersihkan. Jika masih tergenang, durasi waktunya tidak lama. (rq/ndr) 

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia