Selasa, 07 Dec 2021
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Rp 3,9 Triliun untuk Tol Kediri-Kertosono

Pembebasan Lahan Mulai Bulan Depan

26 November 2021, 09: 19: 07 WIB | editor : Adi Nugroho

Rp 3,9 Triliun untuk Tol Kediri-Kertosono

PEMASANGAN PATOK TOL: Tim pembangunan Tol Kediri-Kertosono memasang patok tol di Prambon. (Andhika Attar - Radar Kediri)

Share this      

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Proyek pembangunan Tol Kediri-Kertosono akan memakan biaya yang besar. Untuk tol dengan panjang 20,30 kilometer tersebut, dana yang dibutuhkan mencapai triliunan rupiah. “Dana yang dibutuhkan untuk Tol Kediri-Kertosono sebesar Rp 3,9 triliun,” ujar Direktur Utama PT Jasamarga Ngawi Kertosono Kediri (JNK) Arie Irianto melalui press release pada Selasa (23/11).

Besarnya biaya tersebut dialokasikan untuk mengakomodir berbagai kebutuhan pembangunan jalan bebas hambatan tersebut. Pasalnya, item proyek tersebut sangat banyak. Antara lain interchange atau simpang susun untuk pengguna jalan tol. Ini untuk menunjang Bandara Kediri. “Ada dua interchange di Tol Kediri-Kertosono yang terletak di Kabupaten Nganjuk dan Kediri,” terang Arie.

Selain itu, Tol Kediri-Kertosono juga memiliki dua gerbang tol. Lokasinya di Desa Sugihwaras, Kecamatan Prambon dan di Desa Maron, Kecamatan Banyakan. “Pembebasan lahan untuk Tol Kediri-Kertosono akan dimulai Desember 2021,” ujar Arie. 

Baca juga: Junction Tol Kediri-Tulungagung Rawan Jadi Daerah Mati

Tak hanya itu, berdasarkan data yang dihimpun koran ini, jalur tol tersebut juga akan dilengkapi rest area. Yang mana dapat digunakan para pengguna ketika lelah dan ingin beristirahat. Rest area ini sendiri direncanakan berada di Desa Ngadirejo, Kecamatan Tanjunganom.

Menurut  Kabid Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Eko Wahyu, rest area tersebut tidak hanya satu. Bahkan ada dua. “Rencananya, rest area tersebut akan dibangun berhadapan,” ujarnya.

Eko berharap, proyek Tol Kediri-Kertosono dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat Nganjuk dan sekitarnya. Sehingga, Nganjuk lebih terkenal dan perekonomian meningkat.

(rk/tar/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia