Selasa, 07 Dec 2021
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Waspada Angin Kencang!

Hujan dan Petir Terjadi Merata di Kota Angin

25 November 2021, 12: 03: 48 WIB | editor : Adi Nugroho

Waspada Angin Kencang!

MENDUNG GELAP: Seorang pengendara tengah melintas di Dam Baduk, Desa Malangsari, Kecamatan Tanjunganom kemarin siang. (Andhika Attar - Radar Kediri)

Share this      

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Hujan deras disertai angin kencang akan kembali terjadi di Kota Angin. “Warga Nganjuk harus waspada saat hujan,” ingat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Stasiun Geofisika Kabupaten Nganjuk Sumber Harto kemarin.

Bahkan, untuk curah hujan sendiri diperkirakan mengalami kenaikan. “Naik 40 persen,” tandasnya saat dihubungi lewat ponselnya.

Lebih lanjut, Harto mengatakan, tingginya curah hujan dan angin kencang karena dampak dari terbentuknya awan cumulonimbus (CB) ditambah fenomena La Nina. Potensi hujan disertai dengan petir juga akan terjadi. Kondisi ini sendiri diperkirakan akan terjadi secara merata di Kabupaten Nganjuk. “Kalau angin kencang potensinya tidak di semua wilayah. Hanya tertentu saja,” imbuh Harto.

Baca juga: Pemkot Kediri Usul Kelas Jalan Merbabu Naik

Masih dari sumber yang sama, potensi angin kencang ini juga dipicu oleh peralihan musim yang terjadi. Terlebih, bulan November ini juga masih tercatat sebagai pancaroba. Sehingga, di beberapa wilayah bisa diterjang angin kencang seperti pada Selasa (23/11).

Tercatat, angin kencang melanda beberapa kecamatan di Kabupaten Nganjuk. Antara lain di Kecamatan Kertosono, Tanjunganom dan Sukomoro. Beberapa pohon tumbang dan tower PLN ambruk.

Hal senada disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nganjuk Abdul Wakid. Dia berharap, masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Sehingga dapat mengurangi potensi adanya korban jika terjadi sebuah bencana.“Kami akan terus memantau kondisi Nganjuk,” tandas mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Nganjuk tersebut.

(rk/tar/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia