Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

DB Renggut Sembilan Nyawa di Nganjuk

Hujan, Warga Harus Lakukan PSN

17 Januari 2022, 14: 33: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

DB Renggut Sembilan Nyawa di Nganjuk

SEMPAT OVERLOAD: Pasien DBD di RSUD Kertosono digendong agar tidak rewel. Tahun 2022 sebanyak sembilan anak meninggal karena DB. (Andhika Attar - Radar Kediri)

Share this      

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Warga Kota Angin harus waspada dengan  Demam Berdarah Dengue (DBD). Karena penderita DBD di Kabupaten Nganjuk terus bertambah. Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk, sembilan orang meninggal dunia dari 188 penderita DBD pada 2021. “Sembilan orang meninggal dunia itu adalah anak-anak,” ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk Heni Rochtanti melalui Kasi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Nganjuk  Didik Hermanu.

Penderita DBD ini meningkat drastis jika dibandingkan tahun 2020. Karena di 2020, penderita DBD hanya 31 orang. “Tidak ada yang meninggal dunia untuk penderita DBD tahun 2020,” ujar Didik.

Banyaknya penderita DBD di tahun 2021 ini karena saat itu curah hujan tinggi. Sehingga, nyamuk aedes aegypti yang menjadi pembawa virus DBD berkembang biak. Sedangkan, masyarakat mulai longgar dalam melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Baca juga: Tak Punya Kantor, Dua OPD Kota Angin Akan Numpang

Apalagi, saat itu, Covid-19 juga sedang merajalela. Warga menjadi takut berobat ke dokter atau rumah sakit. Akibatnya, saat anak sudah parah baru dilarikan ke rumah sakit. Sehingga, nyawanya tidak tertolong.

Karena itulah, Didik berharap, di awal tahun 2022 ini masyarakat gencar melaksanakan PSN. Karena hujan masih turun hampir setiap hari. Di awal-awal bulan ini, RSUD Kertosono juga sempat overload karena banyaknya pasien DBD yang dirawat inap. “PSN harus dilakukan agar nyamuk aedes aegypty tidak bisa berkembang biak,” ajaknya.

(rk/tar/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia