Minggu, 24 Oct 2021
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Puluhan PKL Pindah ke Pasar Wage 2

14 Oktober 2021, 10: 53: 01 WIB | editor : Adi Nugroho

Puluhan PKL Pindah ke Pasar Wage 2

RELOKASI PKL: Anak-anak bermain odong-odong di Pasar Wage 2, PKL A Yani Nganjuk telah dipindah. (Karen Wibi - Radar Kediri)

Share this      

NGANJUK, JP Radar Nganjuk- Relokasi pedagang kaki lima (PKL) di Jalan A. Yani mulai dilakukan. Puluhan PKL dipindah ke Pasar Wage 2. “Relokasi PKL Jalan A. Yani ke Pasar Wage 2 dilaksanakan sejak 2 Oktober,” ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Nganjuk Haris Jatmiko.

Untuk relokasi PKL ini dilaksanakan secara bertahap. PKL yang dipindah hingga kemarin masih sebanyak 45 PKL. Sedangkan, rencananya, PKL yang akan pindah ke Pasar Wage 2 sebanyak 86 PKL seperti data dari paguyuban PKL.

Haris mengatakan, rencananya Pasar Wage 2 yang ditempati PKL nanti akan dijadikan pasar wisata. Untuk itu, akan ada sarana pendukung yang akan disediakan. Mulai dari arena bermain anak hingga stan-stan UMKM khas Kota Angin. Sehingga, pengunjung tidak hanya kuliner PKL tetapi mereka juga bisa bermain dengan buah hatinya. “Nanti bisa beli oleh-oleh di stan UMKM khas Nganjuk,” imbuhnya.

Baca juga: Kuota Belajar Mahasiswa di Kediri Tak Merata

Sementara itu, berdasarkan pengamatan wartawan koran ini, PKL yang direlokasi ke Pasar Wage 2 menempati tenda-tenda disperindag yang disediakan secara gratis. Mereka berjualan mulai pukul 18.00 WIB. “Senang sekali punya tempat baru jualan,” ujar Joko Susilo, pedagang nasi goreng.

Meski harus mencari pelanggan baru tetapi Joko masih bersyukur karena Jalan A. Yani ditutup untuk pembangunan KEN. Sehingga, jika tidak pindah ke Pasar Wage 2 maka tidak bisa berjualan. “Mudah-mudahan bisa ramai di sini,” harapnya.

Persoalan yang dihadapi PKL saat ini adalah lampu penerangan. Karena Pasar Wage 2 gelap saat malam hari. Lampu penerangan masih kurang. Ini membuat dagangan PKL kurang terlihat. “Pengunjung juga menjadi enggan datang,” ujarnya.

Karena itu, Joko berharap, disperindag untuk membantu lampu penerangan di Pasar Wage 2. Sehingga, PKL bisa berjualan dengan nyaman saat malam hari. Pengunjung juga banyak yang datang. “Butuh sosialisasi juga ke masyarakat jika PKL sudah pindah ke Pasar Wage 2,” imbuhnya.

(rk/tar/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia