Minggu, 24 Oct 2021
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Kuota Belajar Mahasiswa di Kediri Tak Merata

14 Oktober 2021, 10: 07: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

Kuota Belajar Mahasiswa di Kediri Tak Merata

Share this      

Untuk mendukung belajar daring dalam kondisi pandemi Covid-19, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga menyediakan bantuan kuota belajar untuk para mahasiswa. Sayangnya, bantuan tersebut dikeluhkan karena tidak merata. Banyak mahasiswa yang belum mendapatkannya.

          Seperti diungkapkan oleh Resa, 20. Mahasiswa jurusan matematika Universitas Nusantara PGRI itu belum mendapat bantuan kuota belajar sebesar 15 gigabyte hingga kemarin. “Tahap pertama Agustus lalu, saya dapat. Sekarang kok tidak ada?” keluh pemuda asal Tulungagung itu dengan nada tanya.

          Selain dirinya, menurut Resa banyak mahasiswa lain yang juga belum mendapat bantuan kuota. Padahal, selama pandemi ini mereka harus melakukan perkuliahan jarak jauh.

Baca juga: Belasan Ribu Pelajar Kabupaten Kediri Belum Divaksin

Karenanya, mahasiswa butuh kuota data internet untuk

mengikuti pelajaran lewat aplikasi Zoom Meeting  atau Google Meet. Untuk menghemat pengeluaran, dia terpaksa mengikuti perkuliahan di lokasi yang menyediakan akses wifi.

          Berbeda dengan Resa, Lilin, 20, mahasiswi lainnya asal Nganjuk justru belum pernah menerima bantuan kuota belajar. Dia pun memilih pasrah karena nomor yang dulu didaftarkan telah hilang bersama gawainya. “Saya tidak tahu cara daftar ulangnya, sekarang belajar pakai pulsa sendiri,” tuturnya.

          Untuk diketahui, bantuan kuota belajar masuk ke nomor mahasiswa yang didaftarkan. Setelah bantuan kuota turun, mahasiswa akan mendapatkan pesan pendek dari Kemendikbud Ristek.

          Sementara itu, jika Resa dan Lilin belum mendapat bantuan kuota data, Mahreza Putra, mahasiswa jurusan akuntansi UNP mengaku sudah dua kali menerima bantuan data internet. “Bantuan pertama tersendat, tapi sekarang sudah bisa,” urainya sembari menyebut bantuan kuota data sangat penting karena kampus belum menggelar kuliah tatap muka.

          Terpisah, Wakil Rektor I UNP Agus Muji Santoso menjelaskan, kampusnya belum menggelar pembelajaran tatap muka karena sampai sekarang masih pemetaan vaksinasi. Terkait bantuan kuota internet, Agus memastikan saat ini sudah mulai disalurkan.

Jika ada mahasiswa yang belum menerima bantuan kuota, menurut Agus hal itu karena pengiriman paket data dilakukan secara bertahap. “Yang belum menerima (bantuan kuota, Red), sabar dulu,” pinta Agus berharap bantuan data internet bisa membuat perkuliahan daring lebih lancar. (rq/ut)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia