Minggu, 29 May 2022
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Dinkes Kabupaten Kediri Tunda Imunisasi, Kejar Target Vaksinasi Anak

13 Januari 2022, 10: 25: 10 WIB | editor : Adi Nugroho

Dinkes Kabupaten Kediri Tunda Imunisasi, Kejar Target Vaksinasi Anak

MEMBERI KEKEBALAN : Petugas medis memberi suntikan vaksinasi Covid-19 untuk anak-anak yang belajar di SDN 1 Krandang, Kecamatan Kras di sekolahnya. (IQBAL SYAHRONI - Radar Kediri)

Share this      

Di Kabupaten Kediri, dinas kesehatan (dinkes) menghentikan sementara proses imunisasi anak usia 6-11 tahun. Ini agar vaksinasi Covid-19 berjalan seperti biasa. Selain itu, mengejar target dosis pertama selesai di akhir 2022.

Plt Kepala Dinkes Kabupaten Kediri dr. Achmad Khotib menjelaskan, penghentian imunisasi sementara itu dilakukan minggu ini. “Karena salah satu kendala sebelumnya, beberapa anak yang hendak divaksin, ternyata masih dalam keadaan terimunisasi,” ujarnya.

Khotib menerangkan, anak-anak yang sudah terjadwal imunisasi dibatalkan terlebih dahulu. Itu agar dosis dari imunisasi dan vaksinasi Covid-19 tidak bercampur. Meski begitu, juru bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Kediri ini mengaku, untuk anak usia 6-11 tahun yang hendak imunisasi tetap diperbolehkan. Minimal sudah mendapatkan dosis pertama. “Waktunya minimal 14 hari setelah divaksin Covid-19,” paparnya.

Baca juga: Empat Plt di OPD Pemkab Nganjuk, Tiga Masih Kosong

Soal penghentian sementara ini, Khotib sudah mengomunikasikan dengan seluruh petugas imunisasi di puskesmas. Sedangkan imunisasi yang dilakukan di luar Kabupaten Kediri, ia berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Kediri untuk sosialisasikan ke orang tua murid.

Seperti diketahui, vaksinasi dosis pertama ini diharapkan akhir Januari 2022 usai. Program vaksinasi anak targetnya 143 ribu anak. Hingga kemarin, total yang sudah tervaksin sekitar 47 ribu anak.

Vaksinasi Covid-19 terus digenjot untuk membentuk kekebalan komunal. Untuk itu, pemkab berterima kasih kepada orang tua yang mendukung program vaksinasi anak dan mau mengantarkan anaknya untuk vaksinasi.(syi/ndr)

(rk/syi/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia