Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Biro Umrah Mulai Data Jemaah ke Tanah Suci

13 Januari 2022, 10: 56: 05 WIB | editor : Adi Nugroho

Biro Umrah Mulai Data Jemaah ke Tanah Suci

Share this      

KABUPATEN, JP Radar Kediri– Setelah umrah ke Arab Saudi dibuka kembali, banyak calon jamaah yang menanyakan giliran keberangkatannya ke biro travel.

Pemilik Rameyza Tour and Travel Hj. Siti Maslikhah mengakui, pihaknya kini masih melakukan pendataan jamaah yang hendak berangkat. “Masih kami data semuanya Mas,” terangnya kepada koran ini.

Dari ratusan jamaah yang terdaftar, menurut Maslikhah, semuanya bisa umrah seperti umumnya. Yang belum berangkat sejak 2020 akan didahulukan. Mengingat semunya juga mengantre dan menunggu kabar karena ada penangguhan dari Arab Saudi akibat virus korona. “Sekarang sedang berproses semua,” ujarnya.

Baca juga: Pulang dari Luar Negeri Dikarantina 10 Hari

Untuk diketahui, penangguhan pemberangkatan jemaah umrah itu sejak Maret 2020. Namun, menurut Maslikhah, jemaah sudah menyadari hal tersebut. Karena alasan pandemi dan kesehatan.

Sementara itu, Kasi Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kabupaten Kediri Abdul Kholiq Nawawi menjelaskan bahwa pemberangkatan jamaah sudah dilakukan sejak Sabtu (8/1) dari Jakarta.  Merujuk Surat Edaran (SE) Kemenag RI tentang umrah 1443H nomor B-04008 DJ/DT.II.3/Hj.09/01/2022 tertanggal 04 Januari 2022, terdapat beberapa syarat dalam pelaksanaan umrah.

“Selama pelaksanaan ibadah umrah calon jamaah yang terpenting dalam kondisi yang sehat dan sudah tervaksin,” terangnya.

Tidak hanya dari para jamaah saja, namun dari penyelenggara perjalanan, harus segera mendaftarkan calon jamaah ke sistem seperti biasa. Dengan syarat-syarat seperti vaksinasi, dan lain sebagainya yang diperlukan dalam perjalanan umrah.

Untuk diketahui, umrah dan haji sempat ditutup sejak 2020 karena meledaknya kasus Covid-19. Baru pada 2021 akhir, setelah vaksinasi digencarkan, dan juga persiapan seluruh negara sudah memenuhi standar, baru bisa melakukan perjalanan umrah.(syi/ndr)

(rk/syi/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia