Selasa, 26 Oct 2021
Radar Kediri
Home / Politik
icon featured
Politik

Ring 3 TPA Klotok Tidak Terima Kompensasi

12 Oktober 2021, 14: 31: 23 WIB | editor : Adi Nugroho

Ring 3 TPA Klotok Tidak Terima Kompensasi

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri-Sejumlah warga di ring 3 TPA Klotok hampir dipastikan tidak akan menerima kompensasi tahun ini. Sesuai hasil studi terbaru, mereka tidak lagi termasuk dalam kelompok penerima bantuan sosial (bansos) dari pemkot tersebut.

          Informasi yang dihimpun koran ini menyebutkan, tahun lalu pencairan kompensasi TPA masih didasarkan pada lokasi warga terdampak yang dikelompokkan dalam ring atau kawasan. Mulai ring 1, ring 2, dan ring 3. Warga di tiap ring akan mendapat kompensasi yang berbeda dari Pemkot Kediri.

          Warga di ring 1 atau yang paling dekat dengan TPA akan mendapat kompensasi paling banyak. Diro, 46, yang tahun lalu menerima Rp 800 ribu, tahun ini menerima Rp 1 juta atau naik. “Tahun ini lebih banyak,” ujar pria yang rumahnya terletak di dekat TPA itu.

Baca juga: Harus 7 Kilometer dari Pasar Rakyat

          Diro menegaskan, warga lain yang sama-sama berada di ring 1 TPA sudah menerima dana kompensasi. Yang bermasalah menurutnya adalah warga yang tinggal di ring 2 dan ring 3.

          Mereka yang tahun lalu masih menerima kompensasi, tidak sedikit yang tahun ini harus gigit jari. Seperti dialami oleh Tomin, 58. Warga di Lingkungan Tumpang, Kelurahan Pojok itu tahun lalu masih menerima Rp 900 ribu. “Tahun ini saya tidak lagi mendapat kompensasi,” keluhnya. 

          Pria yang tiap hari mengais sampah di TPA Klotok ini pun menanyakan penyebab dirinya tak lagi mendapatkan kompensasi. Sebab, rumahnya juga tidak jauh dari TPA Klotok. Selain dirinya, ada belasan warga lain yang sama-sama tidak mendapat bantuan.

“Kami hanya ingin tahu, kenapa dulu terima kompensasi sekarang tidak lagi,” lanjutnya tetap berharap bisa mendapat kompensasi karena mereka juga menghirup bau busuk sampah di TPA.

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (DLHKP) Anang Kurniawan menjelaskan, dana kompensasi TPA Klotok sudah selesai dibagikan akhir September lalu. Semua warga terdampak di lingkungan terdekat TPA sudah menerima dana dari APBD tersebut.

Diakui Anang, tahun ini ada perubahan mekanisme pencairan kompensasi. Jika sebelumnya kompensasi diberikan kepada warga di ring 1, ring 2, dan ring 3, tahun ini penerima kompensasi dibagi menjadi zonasi kawasan terdampak TPA Klotok.

 “Sekarang (tahun ini, Red) menjadi zona satu dan zona dua (yang menerima kompensasi TPA, Red),” jelasnya. Perubahan zona itu menurut Anang sesuai hasil kajian dari tim Universitas Gadjah Mada (UGM). Termasuk nama-nama orang yang berhak menerima bantuan.

Seperti diberitakan, perubahan teknis penyaluran kompensasi TPA Klotok sempat disorot Komisi B DPRD Kota Kediri karena memicu polemik di masyarakat. Mereka berencana meminta penjelasan kepada DLHKP dan UGM terkait hal ini. (rq/ut)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia