Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / Features
icon featured
Features

Limbah Bonggol pun Mempunyai Nilai Jual

17 Januari 2022, 12: 05: 12 WIB | editor : Adi Nugroho

Limbah Bonggol pun Mempunyai Nilai Jual

Share this      

Bonggol bambu selama ini hanya dibuang oleh petani karena dianggap sebagai limbah yang tidak mempunyai manfaat maupun nilai jual. Namun, di tangan Agung Prasetyo bisa jadi kreasi unik. Ia mengubah limbah bonggol itu menjadi kerajinan yang bernilai rupiah.

“Saat pulang saya sering melihat tumpukan bonggol dan potongan bambu berserakan. Di situ saya berpikir, bagaimana caranya agar bisa dimanfaatkan,” jelasnya.

Melihat bambu tersebut, laki-laki yang sehari-hari bertani ini memiliki ide untuk memanfaatkan limbah tersebut untuk dijadikan kerajinan unik dan bernilai tinggi. Karena di rumah hanya terdapat satu gawai, ketika awal memulai ia tidak mencari inspirasi tidak dari internet.

Baca juga: Tahun Macan Air Antara Peluang, Tantangan, dan Pantangan

Hanya dari mengamati dari benda sekitarnya, limbah bonggol pun dia bentuk menjadi karakter hewan, seperti ular, kayak, burung, dan ikan. Sedangkan batang bambu dibentuk menjadi aneka lampu lampion dan tempat pembuangan abu rokok atau dikenal asbak.

“Walaupun proses awal pembuatan lumayan lama, alhamdulillah hasilnya bagus sesuai dengan keinginan,” imbuhnya.

Ketika hasil karyanya selesai, Agung meletakkan kerajinan unik itu di depan rumahnya sebagai hiasan. Rupanya, temannya yang pada waktu itu melintas dan berkunjung tertarik untuk membeli.

Teman Agung mengaku alasan minat hasil karya buatannya karena dinilai menarik dan unik serta jarang ditemukan. “Di situlah saya mulai percaya diri dan berani untuk mengawali promosi lewat teman-teman dan media sosial," papar laki-laki kelahiran 1981ini. (ara/ndr)

(rk/ara/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia