Selasa, 26 Oct 2021
Radar Kediri
Home / Features
icon featured
Features

Perubahan Level PPKM di Kabupaten Kediri Masih Fluktuatif

16 September 2021, 15: 39: 50 WIB | editor : Adi Nugroho

Perubahan Level PPKM di Kabupaten Kediri Masih Fluktuatif

Share this      

KABUPATEN, JP Radar Kediri – Fluktuasi penetapan level PPKM oleh Provinsi Jatim masih terjadi dengan cepat. Tiap hari ada perubahan data kota dan kabupaten di Jatim yang mendapat predikat level 1 hingga 4. Termasuk perubahan untuk dua wilayah di Kediri Raya, kota dan kabupaten.

Dalam rilis yang keluar kemarin, Kota Kediri masih tetap berada di level 2. Sedangkan Kabupaten Kediri kembali ke level 3. Ini berarti sama seperti surat edaran (SE) Bupati Dhito Pramana sebelumnya.

“Dasarnya adalah hasil asesmen situasi Covid-19 dari Kemenkes. Kami mendapat data dari dinas kesehatan,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jatim Benny Sampirwanto.

Baca juga: Anak-anak Temukan Mayat di Banyakan

Sebelumnya, per 12 September lalu Diskominfo Jatim masih merilis status Kabupaten Kediri di level 2. Namun, Pemkab Kediri memilih untuk menetapkan statusnya di level 3. Status level itu berdasarkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) yang menyebutkan Kabupaten Kediri berada di level 3.

Lebih jauh Benny menjelaskan, hasil asesmen dari Kemenkes tersebut berubah-ubah setiap harinya. Asesmen dilakukan berdasar perkembangan Covid-19 di tiap daerah. “Zonasi itu terkait tingkat risiko. Biasanya up date harian,” jelasnya.

Keberadaan Kabupaten Kediri di PPKM level 3 itu dibenarkan oleh Sekda Dede Sujana. Menurutnya, berdasarkan rapat koordinasi sehari sebelumnya, Kabupaten Kediri berada di level 3.

Terkait itu, pemkab juga menggodok rencana pembukaan tempat wisata. Hanya, lokasi mana yang akan dibuka terlebih dulu belum bisa dipastikan.

Saat ini pihak pemkab juga tengah mengoptimalkan penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini yang akan jadi sarat utama untuk masuk ke tempat wisata.  “Seperti mal, lalu tempat wisata juga (menggunakan PeduliLindungi),” terang Dede.

Untuk tren kasus, Dede menyebut menurun dalam  beberapa waktu terakhir. Baik untuk kasus terkonfirmasi positif hingga angka kematian. Saat ini Pemkab masih terus menggenjot vaksinasi.

Pemkab juga bekerja sama dengan Koarmada) II sejak kemarin. Targetnya 31 ribu vaksinasi. Yang 12 ribu rencananya akan berlangsung di Stadion Canda Bhirawa. (syi/ut/fud)

Data Sebaran Kabupaten Kediri

Konfirmasi           : 13796 (+10)

Aktif                     : 141 (-14)

Sembuh                : 12490 (+23)

Meninggal            : 1165 (+1)

(rk/syi/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia