Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / Features
icon featured
Features

Dodo Wikanto, Dokter RS Kabupaten Kediri yang Koleksi Mobil Antik

16 Februari 2021, 18: 54: 26 WIB | editor : Adi Nugroho

Dodo Wikanto, Dokter RS Kabupaten Kediri yang Koleksi Mobil Antik

KLASIK: Dokter Dodo Wikanto menunjukkan salah satu koleksi mobil antiknya yang terparkir di halaman RSKK kemarin (9/2). (DEWI AYU NINGTYAS - radar kediri)

Share this      

Mobil klasik Land Rover bercat abu-abu tua keluaran Negeri Britania Raya, Inggris itu terparkir di halaman Rumah Sakit Kabupaten Kediri. Beda dengan yang lain dan tampak nyentrik. Pemiliknya ternyata dokter spesialis urologi, Dodo Wikanto. 

DEWI AYU NINGTYAS, KABUPATEN JP Radar Kediri 

“Karena lampunya bulat, klasik. Kalau lihat mobil lampunya kotak, sipit-sipit itu sudah biasa,” tutur Dodo Wikanto. Begitulah jawaban sederhana dokter spesialis urologi tersebut saat ditanya Jawa Pos Radar Kediri di halaman Rumah Sakit Kabupaten Kediri (RSKK). 

Baca juga: Panimin, Warga Ngasem yang Ciptakan Penebar Pupuk dari Barang Bekas

Bukan karena harga mahal atau gengsi, dokter itu terpikat mobil klasik karena bentuk lampu yang bulat. Mobil keluaran tahun 1974 yang terparkir di halaman RSKK itu diperolehnya dari lelang Dinas Penerangan Mojokerto. Itu terjadi pada tahun 2009 silam. 

Sejak saat itu sampai kini, sudah ada enam mobil klasik yang disimpan di rumah. Di antaranya Jimmy, Katana, dan tiga Land Rover tahun 1974, 2000, dan 2015. “Sekarang inden Katana model terbaru,” katanya di depan mobil bernopol L 1608 AX itu. 

Kegemaran Dodo mengoleksi mobil klasik sudah tidak diragukan lagi. Dokter yang hobi adventure itu justru menyukai saat kendaraannya mogok di tengah perjalanan. “Tambah asyik,” ungkapnya dengan nada riang. 

Bukan hanya mogok, kecepatan mobil antik yang jauh lebih lama dibandingkan mobil keluaran terbaru pun tidak dikeluhkannya. Dengan kecepatan rata-rata 60 km/jam, Dodo lebih suka menaiki mobil antik untuk menemani perjalanannya. Termasuk pulang pergi ke tempat kerjanya di RSKK. “Lama kok gak nyampek-nyampek juga,” ujar dokter yang selalu on time saat bertugas ini. 

Tidak hanya itu, Dodo justru mengembalikan mobil klasik yang dibelinya ke tatanan bodi orisinalnya. Desain di bagian dalam mobil masih dengan kondisi asli. Mulai dari kursi pelapis dinding mobil yang masih berwarna putih gading. 

Lebih dari itu, Dodo juga memindahkan ban serep yang ditata pemilik sebelumnya di bagian belakang mobil, lalu dipindahkannya ke depan. Itu dilakukan untuk menjaga keorisinalan kendaraannya. 

Nilai klasik mobil milik Dodo pun sudah jadi lirikan banyak orang. Dari tawaran untuk objek foto prewedding hingga rencana dibeli. Namun, dokter ini menyatakan, tidak akan melepaskannya.  

“Saya gak jual, saya suka kok gak bakal dilepas,” papar dokter yang juga hobi mengoperasi drone itu. 

Rupanya, kegemaran mengoleksi mobil antik ini juga didukung keluarga. Istri dan kedua putranya pun senang. Tidak jarang, Dodo pun mengajak serta keluarga mengunjungi wisata alam sampai adventure. 

“Anak kedua yang seperti saya, menyukai adventure,” tutur dokter yang dikenal tegas tersebut. 

Dodo bersama keluarganya pun mengunjungi tempat-tempat wisata alam di luar Kediri dengan mengendarai mobil antiknya. Seperti Surabaya, Lumajang, Malang, Trenggalek. Momen liburannya pun terekam jelas dan diabadikan melalui akun instagramnya. 

Dari akun itulah jejak petualangan Dodo, keluarga, dan mobil antiknya tampak mengasyikan. Seperti postingan terbarunya, Minggu (14/2) lalu, dia tengah berlibur di Kota Apel, Malang bersama keluarganya. 

Tentu petualangan itu dengan kendaraan klasiknya. Tidak tanggung-tangung, di mobilnya pun sudah disiapkan conventer dan stopkontak.  “Untuk masak air, magic jar,” tuturnya. 

Tidak hanya soal berpetualangan, Dodo kian dekat dengan mobil antiknya saat melakukan perawatan. Itu karena dia rutin memanaskan mesin mobilnya pada pagi hari. Pun untuk pengecekan dan servis ringan bisa dilakukannya sendiri. “Kalau berat ada yang servis dari Surabaya,” tuturnya. (ndr)

(rk/baz/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia