Selasa, 26 Oct 2021
Radar Kediri
Home / Features
icon featured
Features

Ksatria Sosial Datang, Mbah Kasih Senang

13 Oktober 2021, 11: 52: 07 WIB | editor : Adi Nugroho

Ksatria Sosial Datang, Mbah Kasih Senang

SIGAP: Tim Ksatria Sosial Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk memberi bantuan kompor gas pada Mbah Kasih, warga Desa Joho, Kecamatan Pace, kemarin. (Andhika Attar - Radar Kediri)

Share this      

PACE, JP Radar Nganjuk- Ksatria Sosial yang ditunggu Mbah Kasih, penderita tumor di perut yang harus merawat tiga cucu akhirnya datang kemarin. Tim Ksatria Sosial dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PPPA) Kabupaten Nganjuk datang ke rumah Sukasih, 60, warga Desa Joho, Kecamatan Pace sekitar pukul 13.30 WIB. Dengan menggunakan mobil operasional Ksatria Sosial, tim datang dengan membawa bantuan. Mulai dari paket sembako, kompor gas, panci, meja belajar, hingga tikar. “Semoga bantuan dari Tim Ksatria Sosial Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk ini bisa meringankan beban Mbah Kasih sekeluarga,” ujar Kepala Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk Nafhan Tohawi kemarin.

Bantuan tersebut diberikan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Mbah Kasih dan ketiga cucunya. Yaitu Nabila Lintang Nur Wiyana, 16; Neila Wulan Nur Cahyani, 13; dan M. Rizki Nur Wijaya, 10. Karena selama ini, keluarga kurang mampu ini memasak di pawon yang terbuat dari tanah liat. Mereka tidak memiliki kompor gas. 

Untuk masalah kesehatan, Nafhan mengatakan, Dinsos PPPA sudah bekerja sama dengan Desa Joho. Mbah Kasih sekeluarga sedang dibuatkan Kartu Indonesia sehat (KIS). “Sekitar satu atau dua minggu nanti, KIS sudah bisa jadi dan bisa digunakan untuk berobat,” ujarnya.

Baca juga: Perjuangan Sukasih, Penderita Tumor asal Desa Joho, Kecamatan Pace

Ksatria Sosial Datang, Mbah Kasih Senang

BANTU MBAH KASIH: Tim Ksatria Sosial Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk memberi bantuan panci, tikar, kompor gas, meja belajar, dan paket sembako. (Andhika Attar- Radar Kediri)

Selain itu, mantan Camat Ngronggot ini juga  telah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Nganjuk untuk menangani Mbah Kasih. Rencananya, nenek tiga cucu tersebut akan segera mendapatkan penanganan medis.

Tak hanya jaminan kesehatan bagi Mbah Kasih. Pemkab Nganjuk juga menjamin pendidikan bagi Lintang, Wulan, dan Rizki. “Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk untuk memberikan bantuan beasiswa pendidikan bagi ketiga cucu Mbah Kasih,” ujarnya.

Sementara itu, Mbah Kasih mengaku sangat senang dengan berbagai perhatian dan bantuan yang diberikan kepada keluarganya dari Ksatria Sosial Dinsos PPPA Kabupaten Nganjuk dan masyarakat yang tidak mau disebutkan identitasnya. “Terima kasih semua bantuannya. Semoga Allah SWT membalas semua kebaikan ini,” ungkap lansia yang pernah merantau ke Samarinda tersebut.

(rk/tar/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia