Minggu, 29 May 2022
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events
Lebih Menarik dengan Kliping 3D

Siswa SDN Burengan 2 Belajar Lewat Internet

31 Desember 2021, 09: 55: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

Siswa SDN Burengan 2 Belajar Lewat Internet

GUNTING KORAN: Salah seorang siswa SDN Burengan 2 menyiapkan materi untuk lomba kliping kreatif. (sdn burengan 2 for radar kediri)

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri- Lomba Kliping Kreatif yang digelar Jawa Pos Radar Kediri tak hanya mengasah kemampuan membaca berita saja. Lewat kegiatan tersebut, siswa dilatih berimajinasi. Menyalurkan ide-ide  kreatif untuk membentuk kliping menarik. Tak sekadar dua dimensi seperti umumnya, tapi bisa menjadi kliping tiga dimensi.

Seperti yang dilakukan siswa-siswa SDN Burengan 2 Pesantren. Sebelum mengikuti lomba kliping kreatif Jawa Pos Radar Kediri, siswa kelas IV sudah terbiasa mengerjakan tugas kliping. “Nah, hasil karya anak-anak yang bagus itu kami jadikan satu tim untuk ikut lomba kliping kreatif Jawa Pos Radar Kediri,” ujar Wali Kelas IV SDN Burengan 2 Dewi Sholihatur Rohmah.

Jadi, kelompok tersebut merupakan gabungan dari kelas IVA dan IVB. Dewi mengatakan, meskipun anak didiknya kerap membuat kliping kali ini metode dan caranya berbeda. Untuk ikut lomba ini, siswa tidak hanya menempel kliping dari koran Jawa Pos Radar Kediri.

Baca juga: Latihan Membuat Kliping dengan Koran Lama

Sejauh ini, lima siswanya yang ikut lomba diberi kebebasan untuk berekspresi. “Saya hanya menyampaikan poin-poin yang harus dikerjakan. Ternyata mereka punya inisiatif di luar dugaan,” ujar guru perempuan asal Kelurahan Bawang ini.

Bentuk kliping yang dikerjakan unik. Dari yang semula terbiasa membuat dua dimensi, kini sudah menjadi tiga dimensi. Ide membuat kliping itu mereka ambil dari belajar lewat internet.

“Mereka jadi tahu cara membuat kliping yang kreatif. Hasilnya bisa menarik orang untuk membaca hasilnya,” aku Dewi.

Meskipun sekarang sedang libur, lima siswa yang ikut lomba tetap mengerjakan di rumah. Ia bersyukur orang tua siswa ikut mendukung dan antusias anak-anaknya bisa berkreasi.

Kemarin, usai menjalani vaksinasi, mereka menyempatkan bertemu untuk melanjutkan tugas menyelesaikan kliping kreatif. Diakui Dewi, untuk mempermudah komunikasi satu kelompok tersebut dibuatkan grup WhatsApp. Hampir setiap hari mereka memberi laporan progress dari hasil mengkliping.

Dari empat materi yang ditetapkan panitia, siswanya lebih suka mengkliping tema tentang pendidikan dan kesehatan. Sedangkan berikutnya adalah olahraga serta seni dan budaya.

Sementara itu, Manager Sirkulasi Koran JP Radar Kediri Heri Muda Setiawan mengingatkan peserta hanya bisa mengerjakan hingga Rabu (5/1) mendatang. “Waktunya tinggal enam hari,” ucapnya.

Kliping kreatif Jawa Pos Radar Kediri itu akan dinilai tahap pertama pada 10-13 Januari. Usai dinilai, panitia akan mengambil kliping tersebut ke sekolah pada 14-17 Januari.(rq/fud)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia