Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events

Baru Tahu Apa Itu Kliping

30 Desember 2021, 09: 39: 59 WIB | editor : Adi Nugroho

Baru Tahu Apa Itu Kliping

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri- Berbeda dengan kelompok sekolah lain, SDN Bandarlor 1 Mojoroto memilih mengerjakan kliping di sekolah. Keputusan itu adalah hasil kesepakatan siswa. Mereka memilih waktu liburnya untuk kegiatan produktif.

Wali Kelas IV SDN Bandarlor 1 Mojoroto Jekti Tri Susilawati mengatakan, siswanya baru pertama kali mendapat materi keliping. “Ketika mereka memutuskan untuk mengerjakan di sekolah, saya harus dampingi sampai selesai,” aku guru perempuan berkacamata itu.

Dia menambahkan, jadwal bertemu di sekolah ditentukan oleh siswanya. Mulai dari jam berkumpul sampai pulang.

Baca juga: Lebih Enjoy Dikerjakan di Rumah

Antusias siswanya membuat kliping didasari karena kegiatan tersebut adalah pengalaman pertama mereka. Karena itu, Jekti harus mendampingi dan memahamkan ke siswanya untuk memilah dan memilih materi yang sesuai dengan tema yang sudah ditetapkan.

“Setelah semua tema dikumpulkan maka ada proses penempelan, mereka baru tahu namanya kliping sekarang ini,” ujar guru yang kerap disapa Jekti.

Karena ini pengalaman baru, mereka bisa belajar banyak hal. Lewat lomba kliping kreatif Jawa Pos Radar Kediri, siswa dilatih untuk memahami isi bacaan.

Setiap judul berita, isinya pasti berbeda. Karena mereka harus mengetahui kelompok berita pendidikan, kesehatan, olahraga, serta seni dan budaya maka siswanya harus memahami isi beritanya. Bagi Jekti, metode itu bagus untuk melatih siswa memahami isi bacaan.

“Selain tahu isi bacaannya, mereka juga jadi mengerti informasi yang ditulis di Jawa Pos Radar Kediri,” ucapnya.

Guru perempuan  54 tahun ini tidak keberatan harus mendampingi anak-anaknya beraktivitas di sekolah. Karena ini adalah pengalaman baru, siswa kelas IV SDN Bandarlor I Moroto itu butuh waktu ekstra untuk mengerjakannya. Waktu yang dibutuhkan sampai empat jam. Dari pukul 07.00 hingga pukul 11.00. “Yang datang hanya satu kelompok (lima orang, Red),” ungkapnya.

Sudah dua hari mereka mengerjakan klipingnya. Namun, hingga kemarin, belum juga selesai. Rencananya, mereka akan kembali ke kelas pada Jumat (31/12) nanti. Diakui Jekti, kegiatan kliping koran ini tidak hanya membuat siswa kelas IV belajar mengkliping dan memahami isi bacaan. Dari kegiatan itu, mereka bisa mengatur waktu kegiatan, bermusyawarah, hingga memutuskan persoalan.

“Ini baik untuk pembelajaran karakter,” ujarnya.

Sementara itu, Manager Sirkulasi Koran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan menegaskan, waktu pembuatan kliping paling lambat hingga 5 Januari. Setelah selesai, nanti dikumpulkan pada 7 Januari.(rq/fud)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia