Selasa, 18 Jan 2022
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events

Sekolah di Kediri Mulai Menilai Kliping Siswa

11 Januari 2022, 09: 17: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

Sekolah di Kediri Mulai Menilai Kliping Siswa

TAHAP AWAL: Guru SDN Gayam 1 memeriksa kliping karya siswa dalam penilaian tingkat sekolah kemarin. (Rekian - radar kediri)

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri-Penjurian lomba Kliping Kreatif kerja sama Jawa Pos Radar Kediri dan Dinas Pendidikan Kota Kediri sudah dimulai kemarin (10/1). Di tahap pertama, penilaian dilakukan oleh guru kelas dan guru mata pelajaran di tiap sekolah. Mereka akan menilai kerapian, kreativitas, hingga kesesuaian tema untuk menentukan yang terbaik dan mewakili sekolah.

          Di SDN Gayam I Kecamatan Mojoroto, penjurian dilakukan usai pembagian rapor. Dari puluhan lembar kliping yang terkumpul, guru mulai memilah karya siswa terbaik dari kelas IV dan V.

 “Sekolah kami hanya angkat dua tema, olahraga serta seni dan budaya,” ujar Wali Kelas IV Alis Tri Soimah. Dua tema itu dianggap paling mudah karena banyak artikel yang dimuat di koran Jawa Pos Radar Kediri.

Baca juga: Ide dari Ortu, Kreasi oleh sang Anak 

          Guru berusia 30 tahun asal Kelurahan Gayam itu menjelaskan, kliping karya siswanya belum dibendel. Hal tersebut justru memudahkan sekolah untuk menyeleksi dan menilai.

Panitia menurut Alis akan memilih kliping terbaik di tema olahraga serta seni dan budaya. “Belum diputuskan karya kelompok mana yang akan diajukan ke tahap dua,” lanjut Alis sembari menyebut sekolah masih memiliki waktu selama tiga hari untuk melakukan penilaian.

          Alis memastikan penjurian di sekolah bisa selesai tepat waktu pada Kamis (13/1) lusa. Sesuai kesepakatan tim penilai, mereka akan menekankan kerapian dan kreasi siswa. Adapun untuk tema, menurut pengecekan sementara karya siswa sudah sesuai dengan ketentuan tersebut.

          Terpisah, Manajer Sirkulasi Koran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan menegaskan, kliping kreatif yang dikumpulkan untuk tahap dua sudah harus dibendel jadi satu berkas. “Hanya satu kelompok saja yang bisa masuk tahap dua,” tegas Heri sembari menyebut hanya ada satu karya yang mewakili sekolah di penilaian selanjutnya.

          Lebih jauh Heri menjelaskan, guru yang melakukan penilaian harus mengisi berita acara yang diberikan ke masing-masing sekolah. Pada Jumat (14/1) nanti panita akan mengambil hasil karya Kliping Kreasi yang terbaik di tiap sekolah.

Setelah semua karya dinilai, kelak juga ada babak penyisihan. Pria asal

Tarokan itu menjelaskan, hanya ada 30 karya dari sekolah yang terpilih di babak penyisihan. Selebihnya, mereka akan menjalani penilaian lanjutan untuk ditentukan pemenangnya. “Hasil penjurian babak kedua ini nantinya akan diumumkan pada Senin (24/1).(rq/ut)

Tahapan:

Penjurian                                                              10-13 Januari 2022

Pengambilan kliping                                             14-17 Januari 2022

Penyisihan                                                            18 Januari 2022

Penjurian babak dua                                            19-21 Januari 2022

Pengumuman penjurian babak dua                      24 Januari 2022

Penjurian final                                                      24-26 Januari 2022

Pengumuman pemenang lomba                            02 Februari 2022

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia