Selasa, 07 Dec 2021
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events

Penonton Bioskop di Kediri Masih Dibatasi 70 Persen

09 November 2021, 11: 43: 54 WIB | editor : Adi Nugroho

Penonton Bioskop di Kediri Masih Dibatasi 70 Persen

MULAI LONGGAR: Para penonton di salah satu bioskop di Kota Kediri usai menyaksikan film yang diputar hendak keluar ruangan pertunjukan. (ILMIDZA NADZIRA FOR RADAR KEDIRI)

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri– Setelah resmi beroperasi lagi sejak 16 September lalu, penonton bioskop mulai mendatangi tempat hiburan ini. Apalagi status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Kota Kediri sudah level 2. Sejak awal dibuka hingga kemarin, jumlah pengunjungnya meningkat.

Pembukaan bioskop di Kota Tahu sesuai Keputusan Wali Kota Kediri Nomor 188/45/255/419.033/2021 tentang PPKM Level 2 Covid-19. Pantauan koran ini, tidak terlalu banyak perubahan aturan terkait teknis pelayanan untuk penonton.

Hanya saja, saat awal buka kembali kapasitas pengunjung masih dibatasi 50 persen. Namun kini sudah diperbolehkan 70 persen. Karena itulah, jumlah penontonnya mulai meningkat.

Baca juga: Ajang Kreasi Menggambar: Penuh Kejutan, Bikin Kagum Juri

“Dulu awal-awal dibuka kembali jumlah pengunjung tidak sampai 50 orang per hari,” ujar Sutardi, manajer salah satu bioskop di Kota Kediri.

Sejak ada pelonggaran kapasitas penonton 70 persen di bioskop, dia mencatat, jumlah pengunjung naik sekitar 200 orang per hari. Selain itu, pihaknya telah menerapkan aturan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Ini wajib bagi penonton maupun pegawai.

Hal itu untuk melakukan screening. “Hanya pengunjung dengan kategori hijau dan kuning yang boleh masuk bioskop,” kata Sutardi.

Menurutnya, penambahan jumlah kapasitas pengunjung ini melihat dari tren kasus yang menunjukkan penurunan dan capaian vaksinasi masyarakat. “Karena kalau di bioskop wajib sudah vaksin dosis kedua,” imbuh Sutardi.

Kini, jumlah pengunjung bioskop mulai meningkat seiring perpanjangan PPKM pada 1 November lalu. Selain itu, seiring Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 53/2021 juga sudah membolehkan anak-anak masuk ke bioskop. Namun dengan syarat harus sesuai kriteria umur film dan didampingi orang tua. “Itu juga menjadi salah satu penyebab jumlah pengunjung meningkat,” tuturnya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Kediri dr Fauzan Adima membenarkan kunjungan ke bioskop kini lebih longgar. Namun, dia mengimbau, pihak bioskop jujur dalam pelaksanaan teknis operasional pelayanan pengunjung untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Prokes harus benar-benar ketat di lapangan. Jangan sampai lalai karena klaster pengunjung bioskop sangat mungkin terjadi,” paparnya. (ica/ndr)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia