Selasa, 18 Jan 2022
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events

Sekolah Bisa Menilai Kliping Siswa

06 Januari 2022, 10: 21: 38 WIB | editor : Adi Nugroho

Sekolah Bisa Menilai Kliping Siswa

KOMPAK: Siswa SDN Bandarkidul 2 mengerjakan kliping secara berkelompok. Mereka adu kreasi menempel dan memilih artikel. (Heri Muda Setiawan- Radar Kediri)

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri-Lomba Kliping Kreatif yang digelar Jawa Pos Radar Kediri bersama Dinas Pendidikan Kota Kediri memasuki babak baru. Setelah tiap kelompok di sekolah menggarap kliping dan berakhir kemarin, tiap sekolah bisa melakukan penilaian kliping terbaik di lembaga mereka.

          Manajer Sirkulasi Koran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan mengingatkan agar pendamping memastikan kliping siswanya harus sesuai dengan tema. Ada empat tema yang bisa dipilih, mulai olahraga, kesehatan, pendidikan, serta seni dan budaya.

Seleksi tahap satu ini menurut Heri diprioritaskan bagi sekolah yang mengirim kelompok lebih dari satu. “Satu tema untuk satu kelompok, tidak boleh menyimpang,” kata pria asal Tarokan ini.

Baca juga: Siswa SDN Burengan 2 Belajar Lewat Internet

          Agar penilaiannya bagus, Heri meminta pendamping juga membentuk tim penilai khusus dari guru sekolahnya. Yang perlu dinilai dari Kliping Kreatif di antaranya adalah kesesuaian isi dengan tema. Baginya, isi materi kliping menjadi dasar penilaian. Sebab, jika tidak sesuai dengan tema maka karyanya gugur tidak bisa ikut ke tahap berikutnya.

          Selain tema, penilaian hasil karya juga harus memperhatikan kreativitas. Semakin menarik minat orang untuk membaca maka layak untuk diajukan ke tahap berikutnya. Selain kreasi yang unik dan terampil, bobot nilai yang lain adalah kerapian.

          “Mulai dari posisi menempel hingga komposisinya harus pas,” pesan Heri. Yang paling penting adalah karya yang diajukan untuk dilombakan ke tahap berikutnya adalah orisinalitas. Hasil karya tidak boleh dikerjakan orang tuanya atau orang lain. Jika terbukti maka bisa didiskualifikasi.

          Untuk mempermudah penilaian, panitia sudah menyiapkan form yang wajib diisi. Setelah dinilai, akan diterbitkan berita acara. “Yang masuk dalam berita acara hanya kelompok terbaik yang akan diajukan ke tahap dua,” paparnya sembari menegaskan semua kliping yang dikerjakan siswa akan diambil panitia mulai Kamis (13/1) nanti.

          Sementara itu, Wali Kelas IV SDN Mrican 3 Mojoroto Fepy Puspasari menyebut semua kliping siswanya sudah tuntas dikerjakan. “Belum bisa dinilai karena guru-guru lainnya kini sedang sibuk isi rapor,” ucapnya.

Fepy memastikan penilaian kliping akan dilaksanakan bila semua guru kelas sudah mengisi rapor siswanya. Ia menjamin penilaian kliping kreatif siswanya akan selesai sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Yaitu harus selesai pada Kamis (13/1) nanti dan siap diambil oleh panitia. (rq/ut)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia