Minggu, 29 May 2022
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events

Lomba Kliping Kreatif Radar Kediri: Salah Tema, Terpaksa Mengulang

04 Januari 2022, 14: 20: 34 WIB | editor : Adi Nugroho

Lomba Kliping Kreatif Radar Kediri: Salah Tema, Terpaksa Mengulang

TEMPEL: Siswa dari SDN Semampir IV Kota Kediri menyelesaikan pembuatan kliping kreatif. Hari ini batas akhir pembuatan kliping tersebut.

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri - Tiktok, tiktok, tiktok. Batas akhir lomba Kliping Kreatif kian dekat. Tinggal satu hari tersisa. Rabu (5/1) besok pengerjaan oleh seluruh peserta sudah harus selesai. Kemudian dikumpulkan di sekolah masing-masing pada Jumat (7/1). Peserta yang terlambat mengumpulkan siap-siap terkena diskualifikasi.

Namun, yang perlu dicamkan, sebelum kliping benar-benar tuntas dikerjakan peserta, pendamping dan pembina perlu mencermati kembali konten kliping yang dibuat. Jangan sampai keluar dari tema yang ditetapkan panitia lomba.

Kejadian itu nyaris terjadi di SD Negeri Kampungdalem 4. Siswa dari sekolah yang berada di Kecamatan Kota ini hampir keluar dari tema.

Baca juga: Aktivitas Liburan Positif dengan Lomba Kliping Kreatif

“Untung belum ditempel,” ucap guru Wali Kelas IV Ririn Sridayanti.

Menurut guru berkacamata itu, siswanya sempat mengira semua isi berita yang ada di koran Jawa Pos Radar Kediribisa dimuat untuk materi kliping. Ketika diberi pemahaman bahwa materi kliping yang bisa ditempel hanya bertema pendidikan, kesehatan, olahraga, seni dan budaya, banyak potongan koran yang terbuang. Sebab, materinya tidak masuk kategori.

Enam kelompok dari SD ini mayoritas memilih tema seni dan budaya. “Saya lihat anak-anak semangat,” pujinya.

Ketika di rumah, mereka melengkapi kliping yang belum selesai saat dikerjakan di sekolah. Ririn juga melihat siswanya menambah materi dengan mengumpulkan koran di luar edisi yang disiapkan oleh sekolah. Melihat antusiasme anak didiknya, Ririn percaya siswanya bisa memberikan hasil terbaik.

Berbeda dengan SDN Kampungdalem IV, di SDN Semampir IV memilih dua tema berkaitan dengan olahraga. “Piala AFF Suzuki bikin siswa lebih semangat mengerjakan,” aku Wali Kelas IV Lilik Sri Wahjuni.

Selama liburan, siswanya sudah mengerjakan kliping kreatif dari rumah ke rumah. Sebelum diputuskan tema olahraga, siswa kelas IV SDN Semampir sempat mengusulkan tema kesehatan. Bagi anak-anak, isu vaksin untuk usia 6-11 tahun menjadi bacaan yang wajib mereka konsumsi. Sebab, vaksinasi itu berkaitan dengan mereka.

Masalah tema bukan menjadi masalah rumit. Yang menurut Lilik menjadi masalah rumit saat pembuatan kliping adalah membangun chemistry di antara mereka. “Perlu ada pembagian tugas dan saya harus kunjungan ke rumah-rumah siswa,” lanjutnya. Dia bersyukur semua bisa berjalan. Tinggal menunggu hasil akhirnya.

Sementara itu, Manajer Sirkulasi Koran Jawa Pos Radar Kediri mengingatkan, peserta didik yang ikut lomba kliping harus disiplin waktu. Deadline pengerjaannya dibatasi hingga besok. Sebelum semuanya final, pendamping perlu memastikan lagi tidak ada kelompok yang keluar dari tema yang sudah ditetapkan.

“Di luar tema olahraga, pendidikan, kesehatan, serta seni dan budaya akan didiskualifikasi,” kata Heri. Setelah seleksi sekolah selesai, panitia akan melakukan penyisihan pada tahap dua. (rq/fud)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia