Sabtu, 28 May 2022
Radar Kediri
Home / Events
icon featured
Events

Ingat, Batas Akhir Lomba Kliping Kreatif Radar Kediri 5 Januari

03 Januari 2022, 17: 10: 55 WIB | editor : Adi Nugroho

Ingat, Batas Akhir Lomba Kliping Kreatif Radar Kediri 5 Januari

Lomba Kliping Kreatif Radar Kediri

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri- Banyak siswa yang sudah tidak asing dengan praktik membuat kliping. Seperti mereka yang bersekolah di SDN Gayam 3 Kecamatan Mojoroto. Tugas kliping kerap diberikan ke siswa untuk melengkapi materi pembelajaran di kelas.

Meskipun sudah terbiasa, peserta lomba tetap harus beradaptasi saat mengikuti Lomba Kliping Kreatif yang digelar Jawa Pos Radar Kediri. Sebab, ikut  lomba kliping kreatif kreatif ini perlu kerapian dan keterampilan tambahan.

Hal tersebut disampaikan Wali Kelas V SDN Gayam 3 Mojoroto Siti Nafsiah. Menurutnya, awal ikut lomba kliping kreatif, anak didiknya banyak yang hanya sekadar menempel. “Mungkin mereka terbiasa ketika diberi tugas mengkliping,” ucap guru 45 tahun ini.

Baca juga: Suka Budaya karena Grup Seni Masuk Radar Kediri

Potongan-potongan berita yang sudah gunting itu awalnya langsung ditempel. Karena tidak memperhatikan kerapian, Siti yang mendampingi siswa di sekolahnya lalu memberi evaluasi. Bahwa kliping kreatif ini harus ada nilai keterampilannya. “Saya ambil contohnya dari Youtube,” aku Siti.

Dari contoh tersebut, anak didiknya bisa langsung praktik. Mereka berkreasi membuat kliping 3 dimensi (3D).  Siti hanya memberi support. Semakin kreatif dan menarik minat orang untuk membaca maka klipingnya dianggap sukses. Semakin menarik dan unik klipingnya maka berpeluang untuk ikut mewakili sekolahnya maju pada tahap dua.

Untuk tahap pertama, ada empat kelompok yang ikut. Rata-rata mereka mengerjakan di rumah. “Saya hanya pantau hasilnya lewat WhatsApp,” aku guru asal Kelurahan Ngronggo itu kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Beruntung, dua wali murid dari siswanya ada guru taman kanak-kanak. Lewat bantuan mereka, pekerjaan kliping anak-anak ini bisa terbantu. Dari empat kelompok yang tersebut, ada gabungan siswa kelas IV dan V ada pula yang khusus kelas IV atau V saja. Sengaja dibentuk seperti itu untuk melihat hasil akhir dari kerja sama mereka.

“Sepertinya semua kelompok tinggal membendel saja,” lanjut Siti.

Sementara itu, Manajer Sirkulasi Koran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan, mengingatkan, pengumpulan terakhir sampai Rabu (5/1). Jadi, semua peserta sudah harus selesai pada tanggal yang sudah tetapkan.

Pengumpulan kliping ke sekolah pada Jumat (7/1). Penjurian tingkat sekolah baru akan digelar pada 10-13 Januari. “Nanti setiap sekolah akan mweakili satu peserta untuk seleksi tahap dua,” papar Heri.(rq/fud)

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2022 PT. JawaPos Group Multimedia