Selasa, 07 Dec 2021
Radar Kediri
Home / Ekonomi
icon featured
Ekonomi

Produksi Padi di Kediri Terancam

19 Oktober 2021, 15: 29: 02 WIB | editor : Adi Nugroho

Produksi Padi di Kediri Terancam

MUSIM TANAM: Awi melihat kondisi tanaman padinya di lahan pertanian yang berada di Kelurahan Gayam, Kecamatan Mojoroto. (Rekian - radar kediri)

Share this      

KOTA, JP Radar Kediri– Produksi padi di Kota Kediri belum mencapai target. Hingga September sebanyak 11.737,2 ton. Padahal tahun ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kota Kediri memaksimalkan produksi sama seperti tahun lalu sebanyak 13.341 ton.

Untuk menyamai capaian 2020, DPKP harus mengejar kekurangan produksi hingga 1.603,8 ton. Namun agaknya sulit dicapai karena saat ini kawasan pertanian di barat Sungai Brantas banyak ditanami jagung dan tebu.

“Kemarau panjang, airnya kurang untuk tanam padi,” ucap Awi, 35, petani asal Desa Gayam, Kecamatan Mojoroto.

Baca juga: Harga Telur Ayam Semakin Anjlok di Kota Angin

Dia masih bertahan menanam padi meski kendala utama petani saat ini adalah air. Jika bulan ini tidak turun hujan, tanamannya terancam gagal panen. Namun bila tak ada kendala, lahan padinya seluas 300 ru (1 ru = 14 meter persegi) bisa menghasilkan 12 kuintal.

Sebaliknya, kalau gagal hanya bisa meraup hasil panen satu kuintal saja. Sekarang Awi merasa sedang mengadu keberuntungan lantaran di Gayam belum turun hujan.

Selain cuaca, menurutnya, ancaman lain adalah hama. Paling banyak serangan tikus. Sedangkan hama lain nihil. “Pupuk juga langka, kelompok tani gak bisa dapat harus beli nonsubsidi. Mahal,” akunya kemarin.

Terkait target, Kepala DKPP Kota Kediri M. Ridwan mengaku, masih ada satu musim panen lagi. Meski saat ini petani di barat sungai banyak menanam jagung, ia menyebut, ketika masuk musim panen, produksi padi di Kota Kediri pernah mencapai 3.429 ton. Itu pada April lalu. Sedangkan, terbanyak kedua, terjadi pada Agustus sebanyak 2.133,5 ton.

“Memang ada kendala cuaca dan hama, tapi kami tetap optimistis produksi panen terakhir tahun ini bisa mencapai target,” ucapnya.(rq/ndr) 

(rk/rq/die/JPR)

 

Subscribe

E-Paper
Follow us and never miss the news
Facebook Twitter Instagram YouTube
©2021 PT. JawaPos Group Multimedia