Sabtu, 20 Apr 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Pemilu 2019: Ada Formulir yang Belum Berhologram

KPU Kota Lakukan Pengesetan Formulir

18 Maret 2019, 10: 12: 17 WIB | editor : Adi Nugroho

KPU kota kediri formulir c1

SAH: Staf KPU Wawan menunjukkan formulir C-1 plano yang sudah dilengkapi hologram. (Iqbal Syahroni - radarkediri.id)

KEDIRI KOTA – Ada beberapa temuan yang didapat KPU Kota Kediri saat melakukan pengesetan formulir C-1 plano. Yaitu, ada beberapa formulir yang tidak dilengkapi dengan hologram.

Hal tersebut dijelaskan oleh staf Bagian Umum KPU Kota Kediri Ermawanto. Menurutnya, pada hari kedua pengesetan formulir C-1 plano mereka menemukan beberapa formulir yang tak memiliki hologram. “Baik itu formulir untuk DPD maupun formulir untuk capres,” terang lelaki yang biasa disapa Wawan ini.

Ia menjelaskan bahwa formulir C-1 plano yang tidak memiliki hologram dari KPU Pusat dianggap tidak sah. Karena itu, jika ditemukan formulir yang tidak ada hologramnya akan direkap. Kemudian dilaporkan ke KPU Pusat agar segera diberi gantinya.

Ada lima jenis formulir C-1 plano dalam Pemilu 2019 kali ini. Terdiri dari formulir untuk DPRD kota, DPRD provinsi, DPR-RI, DPD, dan pilpres. Di Kota Kediri sendiri terdapat 947 tempat pemungutan suara (TPS). Di masing-masing TPS tersebut akan diberikan satu set formulir C-1 plano.

Wawan menjelaskan, prosedur yang dilakukan adalah untuk pengecekan kerusakan dan kelengkapan dari formulir. Selain yang tidak berhologra, sejauh ini untuk kertas yang rusak, robek, ataupun kotor masih belum ditemukan.

Pengesetan formulir tersebut juga termasuk memasukkan ke dalam kardus yang terbagi dari semua kelurahan yang ada di Kota Kediri.  Proses pengesetan pun sudah selesai kemarin.

Wawan menambahkan, untuk permohonan pindah daerah pemilihan sudah ditutup kemarin. “Namun juga akan ditimbangkan untuk alasan pindah pilih daerah juga, baru bisa disahkan,” tegasnya.

Sementara itu, terkait kerusakan surat suara, Wawan menjelaskan ada ratusan surat suara yang tidak layak.  Rinciannya untuk kerusakan surat suara DPR RI ada 70 lembar. Itu dari 205.887 surat suara yang didistribusikan. “Sudah ditambah dua persen dari jumlah DPT Kota Kediri yang berjumlah 201850,” imbuhnya.

Sementara untuk DPRD Kota Kediri, kerusakan dibagi dalam tiga dapil. Untuk Dapil 1 dari 64.452 terdapat kerusakan 44 surat suara.  Dapil 2 dari 63.267 rusak 52 lembar. Sementara Dapil 3 dari 78.169 terjadi kerusakan 49 lembar.

Hingga saat ini untuk kerusakan surat suara dari DPR RI hingga DPRD provinsi sudah disimpan. Dan dilaporkan ke KPU provinsi untuk ditindaklanjuti. Wawan juga menjelaskan bahwa kertas rusak nantinya akan dihancurkan bersama, menjelang pemilu.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia