Minggu, 24 Mar 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Berencana Lakukan Pelipatan dengan Mesin

KPUD Tak Hanya Gunakan Tenaga Manusia

11 Maret 2019, 14: 48: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

Surat Suara

SIAP DISORTIR: Petugas KPUD Nganjuk mengecek surat suara DPRD Provinsi Jatim yang disimpan di GOR, Kelurahan Begadung, Nganjuk. Hari ini, sebanyak 100 orang akan memulai pelipatan. (Anwar Bahar Basalamah - radarkediri.id)

NGANJUK – KPU Kabupaten Nganjuk berupaya mempercepat pelipatan surat suara pemilihan umum (pemilu). Karena itulah, selain tenaga manusia, mereka akan menggunakan mesin yang disediakan pihak ketiga. Targetnya, penyortiran dan pelipatan rampung pada akhir bulan ini.

          Ketua KPU Kabupaten Nganjuk M Agus Rahman Hakim mengatakan, pihaknya sudah menandatangani surat kontrak kerja. Sesuai kontrak, pekerjaan pelipatan akan dilakukan mulai hari ini. “Besok (harin ini, Red) kami mulai pelipatan,” kata Agus.

          Untuk mempercepat pekerjaan, kata Agus, ada sekitar 100 tenaga profesional yang disediakan oleh pihak ketiga. Dalam beberapa hari ke depan, pihaknya akan mengevaluasi waktu yang dibutuhkan setiap tenaga. ‘Kami akan evaluasi sehari berapa suarat suara,” ujarnya.

          Dia mengungkapkan, setiap orang diestimasikan menyelesaikan pelipatan sebanyak dua lembar surat suara per menit. Jika hasil tersebut dianggap belum cepat, pihak ketiga menyediakan satu mesin untuk membantu pelipatan. “Kalau dibutuhkan, kami tambah dengan mesin,” ungkap pria asal Desa Pehserut, Kecamatan Sukomoro ini.

          Agus menerangkan, mesin hanya di-setting untuk pelipatan surat suara. Sedangkan tenaga manusia bertugas melakukan penyortiran. Sebab, saat menyortir surat suara dibutuhkan ketelitan. Misalnya bila ditemukan surat suara rusak seperti tinta yang buram atau kertas sobek.

          Jumlah surat suara yang rusak itu, kata Agus, akan dilaporkan ke KPU RI. Sehingga kekurangan surat suara bisa segera dikirim sebelum hari H pencoblosan. Karena itulah, KPUD menargetkan pelipatan surat suara tuntas pada akhir Maret ini.

          Untuk diketahui, ada lima jenis surat suara di pemilu. Yakni pemilihan presiden (pilpres), dewan perwakilan daerah (DPD), DPR RI, DPD provinsi, dan DPRD kabupaten. Setiap jenis surat suara berjumlah sebanyak 876.668 lembar. Itu berarti ada sebanyak 4.383.340 surata suara yang harus dilipat.

          Agus menambahkan, empat jenis surat suara sudah dikirim ke gudang KPUD di Gedung Olahraga (GOR) Bung Karno, Kelurahan Begadung, Kecamatan Nganjuk. Kemarin, sebagian surat suara DPRD kabupaten berada di gudang. Rencananya hari ini akan dikirim lagi. Sedangkan surat suara DPD masih menunggu informasi dari percetakan di Bekasi, Jawa Barat. “Antara tanggal 10 dan 11 (Maret) akan dikirim,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia