Minggu, 24 Mar 2019
radarkediri
icon featured
Show Case
Aksi Cepat Tanggap

ACT-MRI Cepat Tanggap Bantu Korban Banjir Kuantan Singingi

28 Februari 2019, 19: 22: 03 WIB | editor : Adi Nugroho

banji riau

TERENDAM: Kondisi banjir di Riau. (ACT News)

KUANTAN SINGINGI – Banjir bandang menerjang Kecamatan Gunung Toar, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, Rabu (27/9) pagi. Banjir merendam sekitar 300 unit rumah warga di sepanjang daerah aliran Sungai Desa Petapahan. Ketinggian air yang merendam rumah warga mencapai 3-5 meter.

Banjir membuat sekitar lima unit rumah hanyut terbawa arus, satu buah jembatan rusak terhempas deras air, dan puluhan ternak warga mati. Kerugian materi di perkirakan hingga Rp 100 juta.

Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Riau Othman Razali melaporkan, sebagian besar barang milik warga rusak dan hilang. “Mereka tidak sempat mengevakuasi barang-barang karena air datang secara spontan dalam waktu lima menit,” jelasnya. Warga pun mengungsi di sejumlah rumah kerabat dan tetangga yang tidak terkena banjir.

banjir

TANGGAP: Tim ACT bersama petugas. (ACT News)

Tanggap darurat banjir segera dilakukan ACT Riau dan Tim Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Taluk Kuantan. Sejumlah aksi dilakukan dalam penanganan bencana banjir ini. Tim MRI bertugas membantu evakuasi warga. ACT Riau juga telah membuka posko banjir dan dapur umum.

“Aksi yang dilakukan di awal adalah membuka posko dan dapur umum. Dilanjutkan dengan pemberian bantuan pakaian layak pakai dan sembako. Kamis siang tim MRI Pekanbaru akan bergabung dengan MRI Taluk Kuantan di lokasi bencana,” jelas Othman kepada ACTNews.

Othman juga mengabarkan, wilayah tersebut merupakan daerah langganan banjir. November lalu, tercatat banjir juga menerjang Kabupaten Kuansing. Sejumlah sekolah saat itu ikut terendam. Kegiatan belajar mengajar di puluhan sekolah dasar hingga menengah atas pun tidak dapat dilakukan.

Desember lalu ACT Riau juga meninjau sejumlah wilayah di yang dilanda banjir tahunan, seperti di Kecamatan Gunung Sahilan, Kabupaten Kampar, Kecamatan Pangean dan Kecamatan Cerenti di Kabupaten Kuantan Singingi dan Kecamatan Pasir Penyu di Kabupaten Indragiri Hulu. Banjir di Provinsi Riau disebabkan curah hujan yang begitu deras.

Hingga Kamis (28/2), peringatan dini Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angina kencang terjadi di wilayah Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Singingi dan sebagian besar wilayah Riau lainnya.

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia