Kamis, 21 Feb 2019
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Harga Cabai Rawit Turun Drastis

Sentuh Rp 12 Ribu Per Kilogram

25 Januari 2019, 17: 16: 32 WIB | editor : Adi Nugroho

MELIMPAH : Pedagang cabai rawit di Pasar Grosir Ngronggo saat melayani pembeli, kemarin (24/1)

MELIMPAH : Pedagang cabai rawit di Pasar Grosir Ngronggo saat melayani pembeli, kemarin (24/1) (Ramona Valentin - radarkediri.id)

KEDIRI KOTA- Stok yang melimpah membuat harga cabai anjlok. Kemarin (24/1),harganya ‘hanya’ Rp 12 ribu untuk grosir. Sementara di harga konsumen sebesar Rp 15 Ribu.

Nurhalimah, 42, salah satu pedagang cabai rawit Pasar Grosir Sayur dan Buah Ngronggo mengakui demikian. “Harganya anjlok,” ucap Nurhalimah, 42, salah satu pedagang cabai rawit di Pasar Grosir Sayur dan Buah Ngronggo.

Halimah menjelaskan bila harga cabai rawit mulai turun sejak dua minggu  belakangan ini. Dari harga per kilogram Rp 20 ribu lalu Rp 17 ribu, Rp 15 ribu hingga Rp 12 ribu sejak dua hari yang lalu.

Ia menceritakan bila ketersediaan cabai rawit cukup melimpah. Namun permintaan juga tak cukup banyak. Namun permintaan cabai rawit yang tidak seimbang membuat barang yang tersedia menjadi terbuang sia-sia karena membusuk. “Masalahnya cabai rawit itu kondisi bagusnya hanya bertahan tiga hari. Kalau musim hujan hanya dua hari,” imbuhnya.

Bahkan konsumen rata-rata hanya membeli Rp 2 ribu hingga Rp 3 ribu per kilogram. Saat itulah, pedagang mengukur permintaan konsumen terhadap cabai rawit.

Ia pun mengakui bila harga cabai rawit tidak bisa diperkirakan.Walaupun kecenderungan turun harga bila permintaan masih belum bisa seimbang dengan barang yang tersedia.

Perempuan yang tinggal di Desa Badal Pandean, Kecamatan Ngadiluwih ini menjelaskan bila sedang ramai permintaan, ia mampu menjual cabai rawit hingga 100 kilogram. Namun bila kondisi permintaan sepi ia hanya mampu menjual cabai rawit sebanyak 20 hingga 25 kilogram.

Hal serupa juga diungkapkan Santoko, 35,  pedagang cabai rawit di lokasi yang sama dengan Nurhalimah. “Sebenarnya bukan panen raya juga,ya memang barangnya banyak tapi pembelinya tidak banyak,” tuturnya.

Sementara itu, Riyatun, 38, pedagang cabai rawit Pasar Setonobetek juga mengakui bila harga cabai rawit turun. “Harga jualnya sekitar Rp 16 ribu sampai Rp 18 ribu per kilogram. Tapi jarang ada yang beli sekilo,” pungkasnya.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia