Kamis, 21 Feb 2019
radarkediri
icon featured
Features
Anang Iskandar

Terapi Air untuk Anak

17 Januari 2019, 10: 12: 30 WIB | editor : Adi Nugroho

KOMPAK: Anang Iskandar dan Budi Try Yuliati, istrinya, saat menikmati kuliner iwak kali di Bendungan Waruturi, Desember lalu.

KOMPAK: Anang Iskandar dan Budi Try Yuliati, istrinya, saat menikmati kuliner iwak kali di Bendungan Waruturi, Desember lalu.

Anda pernah dengar terapi air untuk anak? Tip dari mantan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen (Purn) Anang Iskandar ini patut dicoba. Terutama, untuk mendisiplinkan anak yang mulai menunjukkan gejala perlawanan kepada orang tua.

Cuma, tip ini tidak boleh diterapkan sendirian. Harus ada kerja sama antara suami dan istri. “Ini juga hanya efektif untuk bocah yang memang masih usia anak-anak. Belum ABG, apalagi remaja. Ada golden time-nya,” katanya kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Anang mencontohkan ketika anak mulai membangkang untuk bersekolah. Waktunya bersekolah, namun malah mogok. “Pertama tentu kita ajak bicara baik-baik dulu. Kita peringatkan baik-baik juga,” terangnya mulai membeber tip yang dimaksud.

Ketika semua upaya yang ‘baik-baik’ itu tak juga mempan, barulah diterapkan terapi air itu. Tinggalkan anak. Ambil seember air. Lalu, kembali lagi dan guyurkan ke tubuh sang anak. Byuurr..! “Melakukannya tidak boleh sambil emosi, marah. Harus tetap tenang,” tutur mantan kapolres Kediri yang kini nyaleg DPR RI dari PPP ini.

Biasanya, dalam kondisi basah kuyup itu, anak akan kaget dan menangis. Saat itulah, ibunya harus segera datang. Menenangkannya. Menggendongnya. Lalu, memberi penjelasan mengapa sang ayah mengguyurnya air. “Jadi, formulanya harus pas,” tandas suami Budi Try Yuliarti ini saat menikmati kuliner iwak kali di kawasan Bendungan Waruturi, Desember lalu.

Memang, ada risiko. Kasur atau lantai jadi basah, misalnya. Harus menjemur kasur. Harus mengepel. Akan tetapi, itu tidak jadi persoalan bagi Anang. “Anak-anak saya yang sudah besar, semua pernah merasakan terapi air itu. Dan, semuanya jadi nurut sesudahnya,” terang ayah tiga putra dan dua putri ini. Anda tertarik mencobanya?

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia