Minggu, 24 Mar 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

Teknologi Shower Sekali Putar

07 Januari 2019, 16: 52: 10 WIB | editor : Adi Nugroho

shower

TEKNOLOGI BARU: Salah satu desain shower. (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Teknologi tak melulu merambah IT, tapi juga masuk ke dunia properti. Untuk perabot kamar mandi misalnya, shower yang dulunya hanya satu fungsi, kini bisa memiliki dua hingga tiga fungsi dalam satu rangkaian.

Mulai dari shower, hand shower dan keran, maka dari itu shower ini disebut dngan shower tiga fungsi. “Ini merambah ke kebutuhan masyarakat juga, tidak sekadar tren, karena kalau tren, shower ini sudah muncul sejak lima tahun lalu,” ungkap Rudiyanto, pemilik toko properti kamar mandi Putra Agung.

shower

Fungsi dan Bagian Shower (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Diawali dengan satu jenis shower dengan varian wall shower hingga shower biasa yang memiliki tiang atau selang. Keberadaan shower sendiri diakui Rudi sebagai kebutuhan untuk mandi, terlebih bila memiliki hunian dengan ukuran minimalis.  Shower dianggap mampu menyesuaikan bentuk kamar mandi yang tidak terlalu besar. “Kalau yang memiliki tiga fungsi biasanya bagian keran untuk wudu, hand shower untuk badan, dan showernya untuk kepala saat keramas,” imbuhnya sambil menunjukkan bagian shower tiga fungsi.

Shower tiga fungsi ini memang kian dilirik kalangan masyarakat kelas menengah hingga kalangan atas karena terletak hanya satu rangkaian dan lokasi. Pada bagian-bagiannya tidak terpisah, melainkan terletak pada satu tiang.

Namun untuk shower tanam, bagian tiangnya tidak terlihat karena berada di balik dinding keramik kamar mandi kesayangan. “Masing-masing shower ini punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi kembali ke selera,” imbuh Rudi.

Untuk teknologi shower saat ini juga tidak sama dengan shower-shower sebelumnya, di mana terbuat dari bahan kuningan, hanya saja berwarna silver karena dilapisi dengan chrome stainless. “Untuk shower saat ini kemungkinan kecil berkarat karena pemaikaian air sehari-hari. Karena terbuat dari kuningan,” katanya saat di jumpai Jawa Pos Radar Kediri.

Ia juga menjelaskan bila shower berbahan kuningan ini adalah buatan Tiongkok, namun untuk pelabelan tetap dari berbagai negara. Untuk memiliki shower tiga fungsi ini cukup siapkan dana kisaran Rp 2,5 juta hingga Rp 8,5 juta untuk wall shower tiga fungsi.

Fungsi  dan Bagian Shower

1.     Wall Shower

Shower ini terkesan lebih elegan dibadningkan dengan shower tiga fungsi lainnya. Dia terletak menyatu dan menmpel pada bagian dinding kamar mandi. “Dia ini menempel, otomatis tiangnya dia di dalam dinding, jadi tampak luarnya dia lebih praktis dan ringkas,” ujar Rudi. Untuk shower ini memiliki dua tombol. Yang pertama tombol on/ off  yang kedua adalah tombol pengaturan, mulai dari wall showernya, hand showernya hingga keran.

2.     Shower Tiga Fungsi

Hampir sama dengan wall shower, hanya shower ini memperlihatkan tiangnya, sehingga tidak tertanam di dalam dinding keramik kamar mandi. “Kalau ini dari fungsi sama, hanya keunggulannya, bila shower bocor lebih mudah diperbaiki karena tiangnya di luar. Kalau yang tanam otomatis harus bongkar dindingnya dulu bila terjadi kebocoran,” ungkap Rudi. Terkait pemilihan shower tiga fungsi yang menempel dinding atau tidak adalah kembali ke selera masyarakat

3.     Shower Dua Fungsi dengan Tiga Jenis Pancuran Air

Kalau shower ini hanya memiliki dua fungsi, namun pada pancuran airnya ia memilki tiga variasi bentuk yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. “Kalau ini cukup dilirik juga, dia hanya dua fungsi yaitu hand shower dan keran saja,” kata Rudi.

4.     Bagian Dalam Shower

Ini merupakan salah satu komponen shower tiga dimensi, yaitu bagian dalam yangterlihat berwarna kuning walau bagian luarnya berwarna silver. “Bagian ini adalah tombolnya wall shower. Terlihat kan kuning, hanya dia dilapisi chrome stainless sehingga warnanya silver.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia