Jumat, 18 Jan 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

Cegah Kerusakan pada Gigi: Awasi Cara Menyikat

14 Desember 2018, 18: 25: 01 WIB | editor : Adi Nugroho

gigi

CEK GIGI: Pasien saat ditangani dokter. (Ramona Valentin - radarkediri.id)

Merawat gigi terdengar sangat mudah, namun juga sulit dijalani ketika Anda salah dalam merawatnya. Kesalahan-kesalahan umum yang sering terjadi adalah saat anda menyikat gigi terlalu lama dan terlalu keras dalam menyikatnya. Itu salah besar!

          Dokter gigi M Choirul Umam menjelaskan bahwa sebenarnya saat menyikat gigi tidak perlu terlalu lama dan terlalu keras saat menyikat. “Jadi sebenarnya disikat saja pelan-pelan dengan gerakan memutar. Tidak perlu menyikat terlalu keras,” terangnya saat memeragakan gerakan tersebut.

          Ia juga menjelaskan bahwa merawat gigi yang benar tidak perlu sampai menggosok gigi sebanyak kita makan dalam sehari. Cukup saat pagi dan malam hari dengan catatan gosok gigi dilakukan setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Jangan sampai saat setelah sikat gigi malam, Anda makan lagi.

          Selain itu, untuk mengoptimalkan kebersihan dari sisa makanan di sela-sela gigi, hendaknya berkumur dengan obat kumur sesuai dengan preferensi yang untuk diinginkan.

          Setelah berkumur, juga sebaiknya dilakukan pembersihan sela-sela gigi dengan benang gigi atau biasa disebut dengan flossing. Hal tersebut dilakukan untuk lebih membersihkan sisa makanan yang masih terselip di sela gigi dan belum terangkat saat melakukan sikat gigi atau berkumur.

          Umam juga menjelaskan bahwa sebaiknya juga dilakukan pengecekan berkala ke puskesmas atau dokter gigi selama enam bulan sekali untuk memeriksa kondisi gigi.

          Ia juga menjelaskan bahwa kerusakan pada gigi tidak pernah dirasakan secara langsung oleh penderita. Seperti misal saat gigi ada makanan yang masih terselip di sisa gigi dan orang tersebut tidak mengetahuinya. Lama-kelamaan hal tersebut akan menbuat lubang pada gigi dan mengakibatkan kerusakan.

          Kerusakan yang lain bisa juga disebabkan oleh orang itu sendiri, yaitu dengan menyikat gigi terlalu bersemangat dan terburu-buru. Hal tersebut lama kelamaan jika dilakukan secara terus-menerus akan mengikis enamel gigi, dan membuat gusi juga berdarah karena disikat dengan cara yang keras dan cepat.

          Penyakit yang menjangkiti daerah gigi juga tidak bisa dianggap sepele, pasalnya tidak sedikit di dunia ini orang yang meninggal karena tidak merawat gigi mereka. Mulai dari pengeroposan pada gigi yang akhirnya membuat gigi berlubang, lalu terjadi luka infeksi di lidah karena terkena tajamnya gigi yang berlubang.

Selain itu, pembengkakan pada gusi juga bisa terjadi akibat gerakan menyikat yang kasar dan terburu-buru.        Maka dari itu, Umam juga menjelaskan bahwa pengecekan secara berkala juga perlu dilakukan untuk mengecek kesehatan gigi. Mulai dari mengecek apakah adanya gigi yang mulai keropos, atau karang gigi, atau pembengkakan pada gusi.

Menurutnya, untuk mencegah terjadinya kerusakan sejak dini adalah langkah yang tepat daripada harus menunggu sakit lalu berobat. “Karena kebanyakan dari pasien yang mengeluhn sakit gigi baru akan datang ketika sudah merasakan nyeri pada gigi,” imbuhnya.

Cara Merawat Gigi

1.     Lakukan sikat gigi dua kali sehari

2.     Usahakan menggunakan sikat dengan bulu halus pada ujungnya agar bisa masuk di sela gigi

3.     Gunakan pasta gigi yang memiliki kandungan flouride

4.     Dilakukan saat setelah melakukan sarapan, dan sebelum tidur malam

5.     Setelah sikat gigi malam, baiknya tidak makan lagi

6.     Saat makan siang, atau sore, cukup kumur saja dengan air, agar mengangkat sisa-sisa makanan di sela gigi

7.     Hindari melakukan pembersihan sisa makanan menggunakan tusuk gigi, disarankan memakai dental floss, atau kalau tidak ada memakai benang

8.     Untuk pengoptimalan perawatan dan kebersihan gigi, setelah melakukan sikat gigi, baiknya juga melakukan kumur dengan obat kumur

9.     Kurangi mengonsumsi gula untuk menghindari penyakit diabetes, yang berujung pada kerusakan pada gigi.

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia