Selasa, 26 Mar 2019
radarkediri
icon featured
Politik
Bukan Jadwal Final

Pelantikan Kepala Desa Terpilih Tak Jadi Hari Ini

12 Desember 2018, 17: 15: 20 WIB | editor : Adi Nugroho

Pelantikan Kepala Desa Terpilih Tak Jadi Hari Ini

KEDIRI KABUPATEN - Kepala desa (kades) terpilih dalam pilkades serentak (7/11) harus bersabar. Mereka tak jadi dilantik hari ini. Alasannya, pemkab masih harus melakukan sinkronisasi beberapa hal.

“Memang ada pemunduran dari rencana semula,” aku Plt Kadis Kominfo Krisna Setiawan.

Pernyataan Krisna itu menepis anggapan ada masalah dengan pemunduran jadwal pelantikan itu. Menurutnya, pemkab tak memiliki tendensi apa-apa. Sebab, rencana pelantikan kades hari ini (12/12) memang masih estimasi saja. Bukan jadwal yang sudah final. Karena itu pemkab tak punya kewajiban untuk melangsungkan pada tanggal tersebut.

Krisna menegaskan pemkab tak  menganggap hal ini sebagai penundaan. Bahkan, surat undangan kepada para kades terpilih pun belum dikeluarkan.

“Kalau sudah ada undangannya tanggal sekian namun ternyata tidak jadi, bisa dikatakan ada penundaan. Ini undangannya juga belum keluar,” klaim Krisna.

Berdasarkan keterangannya, dalam Perbup 28 tahun 2016 juga tidak ada aturan bahwa kades harus dilantik pada tanggal tertentu. Dalam perbup tersebut pelantikan harus dilakukan dalam rentang waktu tertentu.

Lebih lanjut, ia menerangkan, rentang waktu untuk melaksanakan pelantikan maksimal adalah 30 hari. Yaitu terhitung sejak surat keputusan (SK) pengangkatan kades dikeluarkan oleh bupati. Sedangkan SK pengangkatan kades dikeluarkan bupati Kamis (29/11). Artinya, batas maskimal pelantikan adalah Sabtu (29/12).

Lalu, kapan jadwal pelantikan yang pasti? “Kami belum bisa memastikan,” akunya.

Meskipun begitu Krisna menegaskan bahwa pemkab bersama pihak terkait sedang melaksanakan koordinasi. “Pelaksanaan pelantikan akan disesuaikan. Akan ada pemberitahuan lebih lanjut terkait kepastian waktu pelaksanaan pelantikan serentak kepala desa terpilih,” tegasnya.

Apakah hal ini terkait adanya polemik dengan kades beberapa waktu lalu? Krisna menampik. Ia dengan tegas menyatakan bahwa pengunduran jadwal tidak didasarkan pada hal tersebut.

Informasi pengunduran jadwal itu sendiri tertuang dalam Nota – Radtel Bupati Kediri melalui sekretariat daerah. Radtel nomor 141/4234/418.24/2018 itu dikeluarkan Selasa (11/12). Ditujukan kepada 18 camat yang wilayahnya menyelenggarakan pilkades.

Pilkades tersebut dilaksanakan di 32 desa pada 18 kecamatan. Pelaksanaan serentak pada 7 November 2018.

(rk/die/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2019 PT Jawa Pos Group Multimedia