Sabtu, 15 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Politik

Jembatan Brawijaya Makin Eksotis dengan Sling Baja

04 Desember 2018, 15: 25: 53 WIB | editor : Adi Nugroho

jembatan brawijaya

HAMPIR JADI: Salah satu aksesoris proyek Jembatan Brawijaya. (DIDIN SAPUTRO - RadarKediri.JawaPos.com)

KEDIRI KOTA- Bentuk fisik Jembatan Brawijaya semakin sempurna. Kemarin, (3/12) setidaknya sudah 85 persen aksesoris yang terpasang. Jembatan yang sempat diterpa masalah korupsi ini kemungkinan besar bakal selesai tepat waktu. Tuntas akhir bulan ini.

Satu per satu tahapan pengerjaan pemasangan aksesoris sudah menampakkan hasil. Mulai dari trotoar, median tengah jembatan, pagar pembatas di kedua sisi, hingga pemasangan lampu jembatan.

“PJU sudah selesai dipasang dan menggunakan tenaga surya,” kata Kasi Pembangunan dan Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sunarto.

jembatan brawijaya

JEMBATAN KEMBAR: Jembatan Brawijaya bersanding dengan Jembatan Lama. Pembangunan jembatan baru tersebut diperkirakan selesai di akhir Desember ini. (M ARIF HANAFI - RadarKediri.JawaPos.com)

Sunarto menyebut, penggunaan panel surya pada penerangan jalan umum (PJU) jembatan ini untuk lebih memudahkan dalam hal perawatan. Karena memanfaatkan tenaga listrik alternatif dari alam yang melimpah. Namun untuk aksesoris lampu di sekitar jembatan masih menggunakan tenaga listrik biasa.

Pria yang karib disapa Narto itu menjelaskan, Desember merupakan tahap akhir penyelesaian megaproyek prestisius ini. Setidaknya pengerjaannya pun juga terus dikebut.

Dari pantauan, banyak pekerja yang melakukan aktivitas. Baik di jembatan maupun di bagian bawah. Mereka kebanyakan dari vendor kontraktor utama.

Di atas, pekerja terlihat melakukan pemasangan alumunium composite panel (ACP). Pemasangan ACP ini memang menjadi salah satu aksesoris yang akan membuat jembatan terkesan megah dan mewah. Itu dipasang di bagian gerbang masuk jembatan.

“Untuk pemasangan ACP yang hampir tuntas di bagian timur,” jelas Sunarto.

Sementara kesiapan lain adalah pemasangan sling baja. Seling ini merupakan aksesoris yang bisa dibilang sulit dalam pemasangannya. Hal ini lantaran memerlukan pipa tambahan untuk pembungkus seling baja yang sangat berat. Tak hanya itu, dengan adanya sling tersebut, menurut Sunarto, tampilan Jembatan Brawijaya akan semakin eksotis dan indah.

“Fungsi seling hanya hiasan tidak ada unsur konstruksinya. Karena semua beban sudah ditopang oleh kaki jembatan atau kepala jembatan,” terangnya.

Selain aksesoris utama di bagian jembatan, kemarin juga tampak pekerja yang melakukan pemasangan traffic light. Tepat di simpang empat sebelah timur jembatan. Nantinya, di simpang empat tersebut akan dikontrol dengan lampu lalu lintas.

“Dishub telah siap dan telah dilakukan pemasangan traffic light serta pengecatan marka jalan,” sebut Sunarto.

Lebih lanjut, nantinya apabila Jembatan Brawijaya telah berfungsi, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri tidak akan menutup Jembatan Lama. Jembatan yang telah berumur lebih dari satu abad itu tetap akan difungsikan. Bahkan nantinya juga akan diajukan sebagai salah satu aset cagar budaya Kota Kediri.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia