Sabtu, 15 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Politik

Kota Kediri Meraih WTP Empat Tahun Berturut-turut

Anggaran Berdampak Positif bagi Masyarakat

03 Desember 2018, 16: 39: 32 WIB | editor : Adi Nugroho

PRESTASI: Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) dan Budwi Sunu, Sekdakot Kediri (kiri).

PRESTASI: Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (tengah) dan Budwi Sunu, Sekdakot Kediri (kiri).

Untuk keempat kalinya Kota Kediri berhasil meraih prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Prestasi tersebut diakui Pemerintah Pusat melalui piagam dari Menteri Keuangan Republik Indonesia. Diserahkan langsung oleh Soekarwo, gubernur Jawa Timur, September lalu.

Prestasi tersebut diakui oleh Wali Kota Abdullah Abu Bakar sebagai prestasi bersama semua unsur di Kota Kediri. “Alhamdulillah, kita kembali mendapatkan WTP. Kinerja kita telah di apresiasi oleh Ibu Menteri Keuangan. WTP ini memang menjadi keharusan bagi Pemerintah Kota Kediri," ujarnya.

Walau demikian, ia tetap menegaskan bila kinerja tetap harus ditingkatkan. Karena untuk perkembangan saat ini semuanya berbasis kinerja. Anggaran yang dikeluarkan harus digunakan untuk meningkatkan kinerja. Dampak dari anggaran itu harus terasa.  

“Jadi, jangan sampai kita gunakan anggaran tapi tidak berdampak positif bagi laporan pemerintahan dan masyarakat di Kota Kediri,” imbuhnya.
Bagi Kota Kediri, opini WTP tersebut sudah diraih sebanyak empat kali berturut-turut. Abu menegaskan bila penghargaan tersebut diraih atas keberhasilan mereka menyusun dan menyajikan laporan keuangan 2017 dengan baik. Opini WTP tersebut diberikan berdasarkan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP)  atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Kota Kediri.

Wakil Wali Kota Lilik Muhibbah juga mengatakan hal demikian. "Semoga saya dan Bapak Wali Kota selalu bisa memberikan apa yang dibutuhkan masyarakat. Kami tetap fokus kepada kesehatan dan pendidikan gratis bagi masyarakat,” tuturnya.

Menurutnya, indeks pembangunan manusia (IPM) Kota Kediri selalu meningkat. Salah satu buktinya adalah keberhasilan meraih WTP empat tahun berturut-turut.

Sementara, Kabag Humas Apip Permana menambahkan, peraihan WTP tersebut berdasarkan beberapa hal. “ Kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, efektivitas sistem pengendalian internal, penerapan standar akuntansi pemerintah, dan kecukupan pengungkapan,” jelasnya pada Jawa Pos Radar Kediri.

Apip memaparkan bila pemkot memiliki target tata kelola keuangan yang transparan dan akuntabel. Ia pun berharap agar prestasi tersebut dapat menjadi motivasi bersama untuk mempertahankannya dan meningkatkannya.

(rk/baz/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia