Sabtu, 15 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Kelezatan Kuah dan Rempah Bakso di Kediri

02 Desember 2018, 13: 41: 58 WIB | editor : Adi Nugroho

bakso

Bakso di Kediri (RAMONA VALENTIN - Radar Kediri. JawaPos.com)

Musim hujan telah tiba, semangkuk bakso yang hangat dan lezat bisa menjadi pilihan. Kuah yang harum, baik yang bening atau keruh memang memberi kenikmatan tersendiri. Apalagi dengan bakso bulat daging sapi yang kenyal dengan bumbu yang pas. Sudah tergoda untuk menikmati kelezatan panganan ‘sejuta umat’? Yuk intip bakso-bakso yang ada di Kediri.

1.     Bakso Sapi Mirasa II

kuliner enak

Bakso di Kediri (RAMONA VALENTIN - RadarKediri.JawaPos.com)

Pesona tampilannya memang bersih dan enak dilihat. Kuahnya yang harum nan bening ini membuatnya seperti air tanpa rasa. Namun setelah nempel di lidah, rasa kuahnya bikin pingin nyeruput lagi dan lagi.

Rasa gurihnya, segarnya dan ringan karena tidak berlemak. Ditambah baksonya yang lezat, dengan kandungan daging sapi tanpa lemak jenuh. Daging yang diambil adalah bagian tubuh sapi yang tidak memiliki lemak atau gajih. Wajar saja bila mengonsumsi tiga biji saja sudah membuat perut kenyang.  “Bakso ini memakai daging sapi kelas nomor satu, jadi aroma dagingnya ya dari baksonya itu sendiri. Karena kuah nya bening,” ungkap Yuyun Masita, pemilik rumah makan Mirasa II. Tidak hanya sekedar kuah dan bakso. Untuk bakso campurnya juga terdapat siomay, gorengan, tahu, dan bakso goreng.

2.     Bakso Pak Sari

Terletak tepat di pojokan dekat bundaran Sekartaji, dan dekat kawasan sekolah. Membuat bakso Pak Sari kerap dikunjungi. Bagaimana tidak, bakso legend sejak tahun 1965 ini memang memiliki cukup banyak penggemar. Baksonya yang berukuran kecill dengan gorengan bercitarasa manis gurih, memang menyajikan suguhan yang berbeda. “Bakso nya masih memiliki rasa yang sama, kenyal dan tidak keras,” ungkap Mardiah, istri Pak Sari. Bakso yang dulunya terletak di depan SMAN 1 Kediri memiliki kuah yang sedikit keruh dengan taburan seledri dan bawang goreng. Membuatnya beraroma sedap.

3.     Bakso Bamboo

Bagi pecinta bakso, bakso satu ini cukup menarik untuk dicoba. Bakso yang berada di Jalan Dhoho ini memiliki kuah yang sedikit keruh dengan taburan bawang goreng dan daun bawang. Rasa gurih kerap muncul saat kuah mulai disruput. Tidak berhenti di sana, saat bakso mulai digigit, rasanya pun gurih dengan takaran pas.  Baksonya cukup padat, dengan tekstur kenyal dan terasa daging sapinya. Dalam seporsi bakso ini juga terdapat mie kuning dan isi tambahan lainnya selain bakso. Seperti gorengan dengan dua bentuk berbeda, tahu isi bakso dan bakso goreng. Bakso ini diolah dengan daging sapi asli dan rempah alami. Dijamin seporsi bakso ini bikin nagih dan kenyang lebih lama.

(rk/rq/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia