Sabtu, 15 Dec 2018
radarkediri
icon featured
Politik
Jembatan Brawijaya

Gatenya Mewah, Berlapis ACP

12 November 2018, 19: 20: 19 WIB | editor : Adi Nugroho

SUDAH TERLIHAT MEGAH: Dua pasang gate Jembatan Brawijaya sudah terlihat bentuknya. Pihak DPUPR menyatakan jembatan ini bakal selesai tepat waktu.

SUDAH TERLIHAT MEGAH: Dua pasang gate Jembatan Brawijaya sudah terlihat bentuknya. Pihak DPUPR menyatakan jembatan ini bakal selesai tepat waktu. (M. DIDIN SAPUTRO - RADARKEDIRI.JAWAPOS.COM)

KEDIRI KOTA - Bentuk fisik Jembatan Brawijaya semakin sempurna. Kemarin, (11/10) pengaspalan badan jembatan juga sudah rampung. Jembatan yang sempat diterpa masalah korupsi ini kemungkinan bakal selesai tepat waktu. Tuntas bulan depan.

Satu per satu tahapan pengerjaan menampakkan hasil. Pengaspalan oprit di kedua sisi jembatan, pengaspalan badan jembatan, hingga finishing di beberapa bagian. 

Kasi Pembangunan dan Rehabilitasi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sunarto mengatakan, November dan Desember merupakan tahap akhir penyelesaian megaproyek ini. Terutama penyelesaian asesoris sekaligus pengaspalan badan jembatan.

“Pengaspalan badan jembatan baru selesai dilakukan hari ini (kemarin, Red),” ujar Sunarto kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Kemarin, sejumlah alat berat terlihat merampungkan pengaspalan badan jembatan. Yang terakhir dikerjakan adalah bagian barat. Namun itu belum termasuk oprit sisi barat yang pelapis aspal bagian atasnya belum selesai. Penyebabnya, pekerja masih melaksanakan pengaspalan lanjutan di Jalan Inspeksi bagian selatan. Tepatnya daerah Kedunglo.

“Saat ini (kemarin, Red) juga pengaspalan Jalan Inspeksi,” jelas pria yang karib disapa Narto itu.

Jalan Inspeksi bagian selatan tersebut tidak sepanjang Jalan Inspeksi pada sisi utara. Di sisi utara panjangnya mencapai 2 kilometer. Sedangkan untuk jalan yang lewat belakang Pasar Bandar itu tak sampai 1 Km. Tepatnya sekitar 800 meter.

Selain itu, di ruas jalan sekitar Jembatan Brawijaya juga dilakukan pengaspalan total. Terutama jalan yang menjadi akses masuk dan keluar jembatan. Juga, perbaikan dan pembangunan trotoar.

Trotoar tersebut berada di jembatan. Di tiap sisinya. Karena jembatan ini punya jalur khusus untuk pejalan kaki. Ada juga trotoar di kedua sisi pintu masuk yang nantinya akan terhubung ke trotoar Taman Brantas.

Berbeda dengan trotoar Taman Brantas yang dari paving, jalur pedestrian di badan jembatan menggunakan batu andesit. Tujuannya untuk penampilan. Agar trotoar Jembatan Brawijaya lebih kokoh. Serta nyaman ketika dilewati pejalan kaki.

Menurut Sunarto, saat ini juga tengah disiapkan pemasangan aluminium composite panel (ACP). Yaitu material perpaduan antara plat aluminium dan bahan komposit. Bahan ini memiliki sifat dan daya tahan yang kuat terhadap air serta berbagai macam cuaca. Karena itu ACP banyak digunakan sebagai panel pelapis dinding bangunan. Di Jembatan Brawijaya ACP ini digunakan untuk pelapis gapura masuk di kedua sisi jembatan. Pemberian ACP tersebut akan membuat gapura akan kokoh dan berkesan mewah.

Bagian lain yang tampak selesai dikerjakan adalah pagar jembatan baik sisi utara dan selatan. Keduanya sudah lengkap. Sementara terkait progress lanjutan penggantian elastomer. Dari keterangan petugas kontraktor, elastomer atau bantalan jembatan bahannya sudah datang. Sedangkan pengerjaannya akan berlangsung besok (13/11). (din/fud)

(rk/die/die/JPR)

 TOP
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia