Senin, 19 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Politik

Demi Pengamanan Pilkades, Polres Kediri Gelar Pasukan

Sabtu, 03 Nov 2018 15:45 | editor : Adi Nugroho

polres kediri pilkades

SIAP: Kapolres Kediri Kota AKBP Athon Hariadi usai kegiatan gelar pasukan. (HABIBAH ANISA - RadarKediri.JawaPos.com)

KEDIRI KOTA – Polres Kediri Kota melakukan gelar pasukan di halaman markasnya, kemarin pagi (2/11). Kegiatan itu untuk mengecek kesiapan pengamanan jelang pemilihan kepala desa (pilkades) 2018.

Ratusan personel gabungan mengikuti apel yang berlangsung sekitar pukul 07.30 WIB. Dari pantauan Jawa Pos Radar Kediri, terlihat ratusan anggota gabungan mengikuti upacara yang dipimpin langsung Kapolres Kediri Kota AKBP Anthon Hariyadi.

Sebanyak 674 personel gabungan dikerahkan dalam pengamanan pilkades. Namun dalam apel kemarin diikuti 432 anggota. Anggota yang dikerahkan terdiri atas TNI, satpol PP, hingga tim medis. Ratusan personel ini nantinya bersiaga dalam pilkades yang diselenggarakan di 32 desa Kabupaten Kediri. TPS nantinya akan dijaga 20 personel gabungan.

“Ini dalam rangka mengecek kesiapan personel yang kita libatkan untuk pengamanan pilkades,” ujar Anthon setelah apel, kemarin.

Dia menjelaskan, untuk mengoptimalisasi pengamanan telah dilakukan mulai kemarin. “Hari ini masa tenang, kemudian nanti saat pemungutan suara malam harinya sebelumnya kita intensifkan kegiatan NK2YD,” jelasnya.

NK2YD merupakan kegiatan polres yang ditingkatkan. Dibagi tiga rayon, ditambah satu kekuatan polres untuk melaksanakan cipta kondisi dan melakukan patroli sekala besar. Tujuannya, mengantisipasi kerawanan yang muncul saat masa tenang dan pengumuman. “Setiap kerawanan beda-beda, kalau masa tenang misalnya masih ada alat peraga kampanye yang belum dilepas. Kemudian money politics, hoax dan sebagainya,” ungkap Anthon.

Sementara itu, Komandan Kodim Letkol Kav Dwi Agung Sutrisno mengatakan bahwa pengamanan merupakan tanggung jawab Polri bersama TNI. “Kita akan bergabung dengan polres dalam pengamanan pilkades,” ungkapnya.  

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia