Senin, 19 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Events

Kongres Nasional Komunitas Sejarah II: Perluas Wawasan Para Sejarawan

Senin, 29 Oct 2018 17:31 | editor : Adi Nugroho

sejarah kediri

KEGIATAN POSITIF: Para peserta Kongres Nasional Komunitas Sejarah II saat berkunjung ke Museum Airlangga di Kota Kediri. (DIDIN SAPUTRO - RadarKediri.JawaPos.com)

KEDIRI KABUPATEN - Puluhan komunitas sejarah se-Indonesia menghadiri Kongres Nasional Komunitas Sejarah II 2018 di Padepokan Bathara Guru, Badas. Kongres dua tahunan tersebut digelar pada 26-28 Oktober, kemarin.

“Pelaksanaannya dilatarbelakangi dari kurangnya sinergi antar komunitas pelestari peninggalan warisan sejarah di Indonesia. Selain itu ada juga beberapa komunitas yang belum bekerja sama secara maksimal,” kata Ketua Pelaksana Kongres Novi Bahrul Munib kepada Jawa Pos Radar Kediri.

Kongres pertama di Balai Konservasi Borobudur, Magelang pada 2016 silam. Hasilnya, delegasi Kabupaten/Kota Kediri yang diwakili Komunitas Pelestari Sejarah dan Budaya Kadhiri (Pasak) mendapat amanah menjadi tuan rumah. “Dari kegiatan ini diharapkan dapat memperluas wawasan para sejarawan dalam memahami pentingnya persatuan dalam pelestarian sejarah bangsa,” jelasnya.

Mohammad Iqbal, Kasi Program dan Evaluasi Direktorat Sejarah Kemendikbud, sangat mengapresiasi kegiatan ini. Pemerintah akan terus mendukung kegiatan positif yang dilaksanakan oleh komunitas-komunitas dalam menjaga kelestarian cagar budaya di negeri ini. “Hasil kongres kemarin sangat bagus dan positif, menggambarkan permasalahan dan solusi dari setiap komunitas sejarah di Indonesia,” ujar Iqbal saat ditemui usai kongres.

Selain kongres, 80 komunitas sejarah yang hadir diajak mengunjungi wisata sejarah di Kediri, baik kota maupun kabupaten. Mereka ke Museum Airlangga dan Gua Selomangleng. Juga berkunjung ke peninggalan era-Kolonial Belanda di Gereja Tua dan Gua Maria Puhsarang.

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia