Jumat, 16 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Ekonomi

Harga Ikan Laut di Kediri Naik, Ini Sebabnya

Kamis, 27 Sep 2018 17:14 | editor : Adi Nugroho

ikan laut

SEGAR: Harga ikan laut di Kediri melonjak. (IQBAL SYAHRONI – JawaPos.com/RadarKediri)

Berita Terkait

 KEDIRI KOTA – Dalam sebulan terakhir, harga ikan laut yang dijual di pasar tradisional naik. Sebulan lalu, yang semula harga satu kilo ikan gurami berkisar Rp 40 ribu sekarang naik menjadi Rp 45 ribu.

          Hal ini diungkapkan salah satu pedagang ikan laut di Pasar Setonobetek  Imam Fathoni atau biasa dipanggil Anton, 40. Kenaikan harga ikan gurame ini disebutnya karena cuaca yang tak menentu.

Ketika musim kemarau, dengan angin kencang seperti sekarang membuat banyak nelayan yang tidak berlayar. “Kalau banyak angin seperti sekarang, pemasok juga jarang menangkap ikan dalam jumlah banyak,” ujarnya.

          Selain gurame, Anton juga menjual jenis ikan laut lain yaitu tenggiri, tuna, udang laut, udang tambak, kembung, kakap, patin, bandeng, dan lainnya. Dari semua ikan yang ia jual di kedainya, ada beberapa yang naik selain ikan gurame, yaitu ikan tenggiri yang sebulan lalu harga Rp 70 ribu per kilogram, menjadi Rp 80 ribu. “Bandeng juga naik,” imbuhnya.

Untuk harga jenis ikan lain, ia mematok harga yang masih stabil sejak satu bulan lalu, yakni tuna masih Rp 40 ribu per kilogram, udang laut Rp 80 ribu per kilogram, udang tambak seharga Rp 90 ribu per kilogram.

          Anton menjelaskan bahwa jika harga jual dari pemasok tidak dinaikkan, ia juga tidak akan menaikkan harga jualnya di pasar. Ia juga menambahkan bahwa mendapat pasokan ikan laut dari Prigi dan Tuban, sedangkan untuk tambak berada di Lamongan.

          Anton menjelaskan bahwa permintaan pembeli dalam waktu sebulan mulai turun. Untuk penurunan permintaan pembeli, ia tidak bisa memberikan keterangan. “Pembeli tetap masih ada,” imbuhnya.

          Pedagang ikan laut lainnya Purwanto, juga membenarkan kenaikan ikan laut ini. Purwanto menjelaskan memang sebagian besar penjual di Pasar Setono Betek juga menaikkan harga jika dari pemasok ikan harga juga naik. “Rata-rata pemasoknya sama,” imbuhnya.

          Kenaikan harga tak membuat pembeli berkurang. Ita, 45, warga Kelurahan Kampung Dalem, Kecamatan/Kota Kediri, mengaku tetap terpaksa membeli karena memang untuk kebutuhan keluarga.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia