Senin, 19 Nov 2018
radarkediri
icon featured
PERSIK KEDIRI

Jelang 32 Besar, Macan Putih Percepat Pemulihan Cedera

Jumat, 21 Sep 2018 10:38 | editor : Adi Nugroho

persik

RILEKS: Ady Eko Jayanto dkk saat berada di kolam renang. (DIDIN SAPUTRO – JawaPos.com/RadarKediri)

KEDIRI KOTA -  Empat hari istirahat, para pemain Persik Kediri kemarin sore mulai melakukan kegiatan latihan. Namun kali ini latihannya tidak di lapangan, melainkan berlatih di kolam renang.  

Latihan ini juga sebagai salah satu persiapan menuju laga 32 besar nanti. “Hari ini anak-anak berlatih di kolam renang, hal ini bagus untuk menetralisir pemain yang sedang cedera,” kata Pelatih Persik Kediri Alfiat.

Menurut Alfiat, selain hal tersebut. Latihan di kolam renang juga untuk meningkatkan kondisi fisik pemain agar lebih baik lagi. Karena selama ini beban pertandingan selama babak penyisihan, banyak menguras tenaga pemain. Termasuk pada pertandingan terakhir saat melawan Persipon Pontianak. Skuad Macan Putih harus berjuang keras demi memastikan diri lolos ke babak 32 besar. “Latihan kali ini termasuk dalam kegiatan active recovery,” sahutnya.

Hal yang dilakukan dalam active recovery ini adalah aktivitas fisik yang intensitasnya lebih ringan dari olahraga. Jika sebelumnya pemain melakukan olahraga dengan intensitas sedang dengan denyut jantung per menit sekitar 64 – 76 persen dari denyut jantung maksimal per menit, maka active recovery yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan yang intensitasnya lebih rendah dari 64 persen tersebut. “Salah satunya ya dengan berlatih di kolam renang seperti ini,” tambahnya.

Sebenarnya ada metode lain yang efektif mempercepat pemulihan pascaolahraga adalah pijat dan mandi air hangat. Keduanya juga berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah.

Untuk para atlet dengan jadwal tanding yang berdekatan, umumnya ketiganya akan dilakukan secara bersamaan agar memperoleh hasil pemulihan yang maksimal dalam jangka waktu yang cepat.

Sementara disinggung terkait persiapan menuju 32 besar, Alfiat mengungkapkan akan melakukan pengulangan latihan dari awal. Yakni persiapan umum yang dilanjutkan dengan persiapan khusus.

“Yang pasti kami akan lakukan latihan endurance atau lebih ke pelatihan ketahanan,” tandasnya.

Untuk diketahui, Persik Kediri telah lolos ke babak 32 besar dalam Liga 3 Nasional musim ini. Tim kebanggaan Kota Kediri ini berhasil melakoni semua pertandingan selama babak penyisihan dengan gelar tidak pernah terkalahkan. Sementara itu, untuk pertandingan babak 32 besar sendiri akan dilaksanakan pada pertengahan November nanti.

(rk/rq/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia