Kamis, 21 Feb 2019
radarkediri
icon featured
Politik

Mulai Mengunduh Soal Tryout UNBK

02 Maret 2018, 08: 01: 44 WIB | editor : Adi Nugroho

SIMULASI: Puluhan siswa SMKN 1 Lengkong mengikuti simulasi jelang pelaksanaan tryout mulai Jumat (2/3) besok.

SIMULASI: Puluhan siswa SMKN 1 Lengkong mengikuti simulasi jelang pelaksanaan tryout mulai Jumat (2/3) besok. (Panitia Tryout JP Radar Kediri)

NGANJUK – Pelaksanaan Tryout UNBK Kejujuran tingkat SMK Jawa Pos Radar Kediri sudah dimulai dan seluruh sekolah sudah mengunduh soal mata pelajaran (mapel) yang diujikan.

Manajer Pemasaran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan mengatakan, sekolah bisa mengunduh soal untuk tiga mapel. Yakni Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris.

Meski pengunduhan soal dilakukan, Heri menyebut, soal baru bisa dibuka saat pelaksanaan ujian. Karenanya, Heri menjamin soal tryout tidak akan bocor. Dia mencontohkan, soal Bahasa Indonesia baru bisa dibuka Jumat (2/3) sesuai jadwal pelaksanaan tryout.

Kemudian, soal matematika baru bisa dibuka Sabtu 3/3) nanti. Demikian juga soal bahasa Inggris yang baru bisa dibuka pada kamis (8/3). “Tryout akan dimulai pukul 07.00. Siswa harus tepat waktu,” pintanya.

Heri juga mengingatkan agar siswa membawa kartu peserta saat tryout. Sebab, di kartu itu tercantum username dan password untuk mengakses soal tryout. “Jangan sampai ketinggalan,” lanjutnya mengingatkan.

Belajar pada tryout SMA, kata Heri, ada beberapa siswa yang lupa membawa kartu peserta. Akibatnya, mereka juga lupa dengan username dan password mereka. Karenanya, dia tidak ingin hal yang sama dialami siswa SMK.

Sementara itu, sekolah sudah melakukan simulasi soal matematika. Heri bersyukur simulasi berjalan lancar. Siswa dapat memahami urutan pengerjaan soal online tersebut. Sehingga, saat tryout nanti mereka semakin terbiasa.

Untuk diketahui, tryout UNBK tingkat SMK akan diikuti sekitar 6.000 siswa. Mereka berasal dari delapan SMK negeri dan 43 SMK swasta. Sehingga, total ada 51 satuan pendidikan yang mengikuti tryout online.

Terpisah, Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Pemprov Jatim Wilayah Nganjuk Adi Prayitno meminta siswa mengerjakan soal dengan jujur. Selain melatih kejujuran, tryout juga dapat mengukur kemampuan setiap siswa. “Setelah melihat hasilnya nanti, siswa bisa melakukan evaluasi sebelum UNBK,” kata Adi.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia