Minggu, 24 Mar 2019
radarkediri
icon featured
Show Case

Pertama, Tryout Unas SMA Pakai CBT

14 Januari 2018, 21: 13: 08 WIB | editor : Adi Nugroho

try out - radar kediri

NGANJUK – Tryout ujian nasional (unas) SMA akan digelar awal tahun ini. Berbeda dengan tahun lalu, kegiatan kerjasama Jawa Pos Radar Nganjuk dan Cabang Dinas Pendidikan (Cabdisdik) Pemprov di Kabupaten Nganjuk ini nanti mengungganakan sistem computer based test (CBT). Sebagai persiapan awal, kemarin, tim media ini menggelar sosialisasi kegiatan dan training di SMKN 2 Nganjuk.

          Manajer Pemasaran Jawa Pos Radar Kediri Heri Muda Setiawan mengatakan, ada yang berbeda dalam pelaksanaan tryout unas kejujuran tahun ini. Pasalnya, untuk pertama kalinya, tryout akan menggunakan CBT atau sistem online. “Tahun-tahun sebelumnya selalu memakai kertas,” kata Heri.

          Pemakain sistem tersebut, menurutnya, bukan tanpa pertimbangan. Tahun lalu, seluruh SMA di Nganjuk diwajibkan menggelar ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Karena itulah, tryout CBT nanti diharapkan menjadi sarana latihan siswa menghadapi UNBK yang sesungguhnya.

‘Bukan sekadar latihan  kisi-kisi soal, tetapi juga cara pengerjaannya,” ungkapnya.

          Untuk memperiapkan hal itu, kemarin, cabdisdik dan Jawa Pos Radar Nganjuk menggelar traning dan sosialisasi di SMKN 2 Nganjuk. Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 08.00 sampai 12.30 itu, diikuti sebanyak 150 proktor dan teknisi UNBK di SMA negeri dan swasta.

          Heri mengatakan, tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan sosialisasi kepada sekolah tentang sistem baru pelaksaaan tryout tahun ini. Selain itu, panitia juga mengenalkan aplikasi yang dipakai dalam tryout UNBK nanti. “Kami sampaikan agar sekolah bisa mempersiapkan diri,” ungkap Heri.

          Heri menjelaskan, aplikasi tryout UNBK memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah sekuritinya tinggi, sehingga nilai hanya bisa dibuka server di Radar Kediri. Selain itu juga ringan dan tidak memerlukan server spesifikasi tinggi. “Bisa pakai laptop,” terangnya.

          Dia menambahkan, langkah-langkah pengerjaan dibuat mirip dengan UNBK. Hal itu untuk membiasakan operator laboratorium (lab). Kemudian soal bisa dikerjakan dengan android apabila tersedia wifi lokal. “Jadi sangat praktis dan cepat,” ujar Heri.

          Untuk diketahui, tryout UNBK nanti dijadwalkan secara bertahap. Untuk tryout SMA digelar lebih dulu pada 22 – 25 Januari. Sementara SMK baru dijadwalkan sekitar akhir Februari 2018. Rencananya, seluruh SMA/SMK negeri dan swasta akan mengikuti kegiatan tahunan ini.

          Sementara itu, Kepala Cabdisdik Pemprov Wilayah Kabupaten Nganjuk Adi Prayitno mengatakan, kegiatan tryout CBT sangat bermanfaat untuk siswa kelas XII. Sebab mereka dapat berlatih materi soal sekaligus sistem pengerjaannya. “Kami harapkan semua siswa bisa ikut,” kata Adi.

(rk/baz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia