Jumat, 16 Nov 2018
radarkediri
icon featured
Events

Yuk, Layangan di Kediri

Jumat, 21 Jul 2017 05:21 | editor : Adi Nugroho

Yuk, Layangan di Kediri

KEDIRI KABUPATEN – Ratusan layang-layang berbagai bentuk dan warna akan menghiasi langit Kabupaten Kediri. Karena sekitar pukul 08.00 besok pagi (22/7) ada Festival Layang-Layang Nasional di kawasan petilasan Sri Aji Joyoboyo di Desa Menang, Kecamatan Pagu.

“Event ini diikuti oleh peserta dari berbagai daerah. Festival layangan setingkat nasional ini baru kali pertama di Kediri,” ujar Ketua Pelaksana Festival Layang-Layang Antuji H. Masroh.

Dia menerangkan, hingga kemarin siang pendaftar festival ini telah mencapai 60 orang. Para peserta dari berbagai daerah. Beberapa tak hanya dari regional Jawa Timur yang mengikuti acara rangkaian Pekan Budaya dan Pariwisata Festival Panji Nasional (PFPN) ini.

Namun pesertanya hingga dari Jawa Barat (Jabar), Jakarta, dan Banten. Walaupun pendaftaran sudah ditutup sejak 18 Juli, namun pendaftaran khusus lokal Kediri tetap dibuka. “Kami ingin lihat potensi layang-layang karya Kediri sendiri juga,” ungkapnya.

Dalam Festival Layang-Layang ini, Antuji menyebut, terdapat tiga kategori perlombaan. Di antaranya adalah kategori layang-layang bentuk naga atau train. Tak hanya itu, terdapat kategori layang-layang dua dimensi juga diperlombakan.

Sedangkan kateogi ketiga adalah layang-layang tradisional. “Dalam festival ini akan kita suguhkan layang-layang yang penuh dengan keunikan,” terangnya.

Keunikan latyang-layang tersebut, menurut Antuji, terlihat dari bentuknya yang tidak lazim. Sehingga tak hanya sekadar segi empat saja. Namun, bentuknya bermacam-macam. Dan terpenting, bisa diterbangkan ke udara.

Tak hanya bentuk, warna layang-layang yang indah dipastikan juga menarik perhatian penonton. “Unik-unik nanti pokoknya layang-layangnya. Rugi jika tidak melihatnya,” urainya.

Walaupun baru dilombakan besok pagi (22/7), para peserta mulai hari ini (21/7) sudah datang di Kediri. Selain untuk melihat medan yang digunakan menerbangkan layang-layang, peserta dari berbagai daerah juga akan mencoba medannya dengan layang-layang andalannya. “Sudah ada yang latihan. Terlebih Jumat sore nanti,” tegas Antuji.

(rk/fiz/die/JPR)

Jawa Pos Digital
E-Paper
Most Read
 TOP
Artikel Lainya
 
 
 
Follow us and never miss the news
©2017 PT Jawa Pos Group Multimedia