Internetan Boleh, Asal Baca Dulu
BERITA TERKAIT

KABUPATEN KEDIRI – Hari ini (17/5) merupakan Hari Buku Nasional. Di tengah terpaan kencang dunia internet, ada secercah harapan minat baca buku tetap terjaga. Setidaknya bila melihat suasana di Perpustakaan Mastrip, Pare kemarin.

Di perpustakaan yang terletak di Jalan Kerinci itu, optimisme kemajuan literasi di Kabupaten Kediri masih terjaga. Pengunjungnya relatif ramai. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Termasuk ibu-ibu yang terlihat bersama dengan anak-anaknya yang masih kecil membaca bersama.

Perkembangan pesat dari tahun ke tahun terlihat dari data kunjungan perpustakaan tersebut per harinya. Kemarin misalnya, walaupun masih pukul 12.00 pengunjung sudah mencapai 54 orang. Padahal jam buka perpustakaan ini baru sekitar pukul 07.30. Berbeda saat dua tahun lalu ketika wartawan Koran ini meliput sepinya perpustakaan Mastrip tersebut yang per harinya maksimal hanya 10 pengunjung saja.

“Kalau dulu jarang yang pinjam buku. Sekarang rata-rata 15 orang meminjam buku per harinya,” kata Komari, seorang petugas perpustakaan Mastrip.

Bahkan, imbuh Komari, jika ada kunjungan sekolah atau bertepatan waktu libur jumlahnya bisa bertambah. Pengunjung bisa mencapai 100 orang per hari.

Berbagai aspek memengaruhi ramainya perpustakaan tersebut. Selain kini adanya tempat kusus baca anak. Juga adanya komputer dan free wifi. “Kalau anak-anak biasanya datang langsung pengen ke komputernya dan internetan,” ujar petugas berumur 54 tahun itu.

1
2
3

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar