Kunjungan Jurnalistik Mahasiswa UNP Kediri
BERITA TERKAIT

KEDIRI KABUPATEN- Universitas Nusantara PGRI Kediri tidak ingin mahasiswanya hanya mengerti teori. Itulah sebabnya, kemarin 37 mahasiswanya berkunjung ke kantor Jawa Pos Radar Kediri. Mereka dari Program Setudi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Tiba di Kantor Radar Kediri pukul 14.00, mereka langsung diterima Jauhar Yohanis, manajer Umum dan SDM.

Menurut Fajar mahasiswa semester 3, kunjungan kemarin merupakan salah satu syarat mata kuliah jurnalistik.  Selain kunjungan media lokal, para mahasiswa tersebut juga harus mengunjungi media nasional.

Dalam kunjungan kemarin, para mahasiswa menggali lebih dalam tentang permasalahan teknis jurnalistik.  Misalnya tentang standar penuisan berita, pemilihan angle (sudut pandang) dan juga permasalahan teknis produksi.

Dari pertanyaan yang mucul terlihat sekali mereka cukup kritis. Misalnya saja tentang berita May Day. Mengapa Jawa Pos Radar Kediri tidak memuat demo buruh. Pertanyaan ini dijelaskan oleh Hanis, panggilan akrap Jauhar Yohanis, bahwa semua media massa mempunyai misi. Misi Jawa Pos Radar Kediri untuk terbitan 1 Mei tahun ini adalah ingin menunjukkan bahwa buruh juga bisa sukses. Tidak harus tetap jadi buruh. Perbaikan pendapatan bisa dilakukan dengan menjadi wirausaha.

Dijelaskan pula, bahwa untuk memenangkan dengan media daring (online), koran harus pandai-pandai memilih berita yang dimuat. Peristiwanya boleh sama, tetapi sudut beritanya harus beda. (*/dea)


BERITA LAINNYA
Tulis Komentar