Coach Bejo Minta Lebih Cermat Ambil Keputusan

KEDIRI – Persoalan salah passing atau mengumpan masih terjadi dalam pertandingan uji coba terakhir Persik, Sabtu lalu (25/2). Melawan PSIS Semarang yang berpotensi menjadi pesaing di Liga 2 musim ini, sejumlah pemain kerap salah dalam mengambil keputusan.

Padahal, kesalahan umpan sekecil apapun bisa dimanfaatkan untuk menyerang balik oleh lawan. Hal inilah yang terus dibenahi oleh coach Bejo Sugiantoro.

Menurut pelatih kepala Persik ini, mengumpan adalah persoalan mendasar dalam sepak bola yang tak boleh diabaikan. “Akan sangat menentukan pertandingan. Inilah yang terus saya evaluasi,” ujarnya.

Bejo mengatakan, para pemain tidak boleh lagi salah dalam mengambil keputusan passing. Dalam berbagai situasi, keputusan harus cepat diambil. Seperti misalnya saat lawan melakukan pressing ke arah si pengumpan. Atau justru kawan yang akan diberi umpan dalam penjagaan. “Mau bola daerah atau passing ke temannya, harus bisa cepat,” tandasnya.

Menurutnya, kemampuan ini memang harus terus diasah. Salah satu yang menjadi kunci adalah kebersamaan tim. Setiap pemain, harus tahu apa kelebihan maupun kelemahan kawannya.

Pelatih kelahiran 2 April 1977 ini mengatakan, dalam pertandingan, jika pemain tahu detail kelebihan atau kekurangan rekannya, maka arah bola jadi lebih menguntungkan. Misalnya, satu pemain berkaki kidal, bagaimana cara mengumpannya.

1
2

BERITA LAINNYA
Tulis Komentar